Bupati Pemalang Panen Padi Demfarm

Pemalang - Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo bersama Sekretaris Daerah M. Arifin, Kepala Dinas Pertanian Wahadi dan Kepala Bappeda Sujarwo secara simbolis memanen padi Demfarm dalam rangka program desa berinovasi bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Desa Gunung Tiga, Kecamatan Belik, Kamis (24/2).

Untuk diketahui, program inovasi desa yang bekerjasama dengan BRIN dan UNNES tersebut dapat menghasilkan produk pupuk organik cair Gujimat dan Tennas yang bahan serta pembuatannya seluruhnya dari Kecamatan Belik yang dikelola langsung oleh BUMDes Mendelem.

Sigit Ismarianto selaku perwakilan dari Yayasan Inkubator Inovasi Bisnis dan Teknologi dalam laporannya menuturkan, saat ini sekitar 80 ton beras organik kami masuk ke KFC dengan branding awalnya dari Magelang namun kami naikkan menjadi Jawa Tengah.

"Jadi bapak/ibu nanti kalau berasnya sudah organik akan kami masukan ke KFC, yang artinya ini ada potensi yang luar biasa." kata Sigit .

Pada kesempatan tersebut, bupati berterima kasih kepada BRIN, UNNES dan pihak terkait lainnya yang menjadikan Kabupaten Pemalang sebagai tempat riset sekaligus implementasi dan memberikan bimbingan, bahkan hingga hasil dari panen dapat langsung dibeli.

Menurut bupati, sejalan dengan hal tersebut tentunya akan dapat meningkatkan kemakmuran masyarakat khususnya para petani sehingga perekonomian dan kesejahteraan daerah dapat meningkat.

Dalam sambutannya, Bupati Agung menjelaskan, potensi dari produk pupuk organik cair Gujimat dan Tennas.

"Produk pupuk ini dikelola langsung oleh Bumdes, dan digunakan di wilayah Kecamatan Belik, kalau produk ini bagus tentu bisa kita kembangkan lagi dan kita pasarkan bukan hanya di Pemalang saja, bahkan ke provinsi hingga nasional," ujar bupati.

"Harapannya ini bukan hanya sekedar program, tapi pembinaan yang berkesinambungan sekaligus kontinuitas, kuantitas dan kualitas dapat tetap terjaga," lanjut Agung.

Kemudian Eka Yuliastuti selaku perwakilan LPPM Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyampaikan, kegiatan ini berawal dari MoU antara Universitas Negeri zsemsrang dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang, dimana UNNES telah bermitra dengan pemda sejak tahun 2016 dalam rangka penguasaan teknologi tepat guna bagi masyarakat.