Polres Demak Gelar Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi

Demak – Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono memimpin Apel Gelar Operasi Keselamatan Lalu lintas Candi 2022 yang berlangsung di halaman Mapolres Demak, Selasa (1/3).

Apel gelar pasukan bertemakan "Melalui Operasi Keselamatan 2022 Kita Wujudkan Budaya Tertib Berlalu Lintas Guna Terciptanya Situasi Kemananan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Sitkamaseltibcarlantas) yang Kondusif, serta Dalam Upaya Memutus Rantai Penyebaran COVID-19".

Gelar apel ini diikuti personel gabungan Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Forkopimda meliputi Wakil Bupati Demak Ali Makshun, Ketua DPRD Demak Fahrudin Bisri Slamet, Dandim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo, Kajari Suhendra, ketua Pengadilan Negeri Demak.

Dalam amanatnya, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono membacakan sambutan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi.

"Operasi keselamatan lalu lintas candi tahun 2022 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 1-14 maret 2022, secara serentak di seluruh indonesia. Diharapkan operasi keselamatan tahun ini dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19, menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta dapat meminimalisir fatalitas lakalantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia," ujar kapolres Demak.

"Sedangkan tema operasi keselamatan lalu lintas candi tahun 2022 adalah melalui operasi keselamatan 2022 kita wujudkan budaya tertib berlalu lintas guna terciptanya situasi kemananan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas (sitkamaseltibcarlantas) yang kondusif, serta dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19." lanjut kapolres.

Ditambahkan AKBP Budi Adhy Buono bahwa kegiatan operasi akan dipusatkan pada beberapa titik blind spot meliputi, perbatasan Sayung hingga Kudus, begitu juga ada yang di daerah kota seperti Alun-Alun Demak atau Simpang Enam.

“Karena banyak masyarakat yang berkumpul di area publik tersebut sehingga menjadi sasaran untuk memutus mata rantai COVID-19 yang ada di sekitar kita. Jadi karena kita berada di jalur Pantura Kabupaten Demak, maka harus terus menggencarkan kegiatan himbauan prokes maupun percepatan vaksinasi. Sehingga dapat menggantisipasi lonjakan COVID-19 di Demak," tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono menyematkan pita kepada tiga perwakilan yakni dari TNI, Polri dan Dinas Perhubungan sebagai tanda dimulainya Operasi Candi 2022.