Menikmati Suasana di Taman Lansia Sukarno-Hatta Solo

Solo – Taman Lansia Sukarno-Hatta menjadi tempat favorit bagi warga Kota Surakarta, Jawa Tengah untuk melakukan aktivitas olahraga maupun sekadar bersantai menikmati suasana.

Taman yang terletak di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta itu ramai didatangi pengunjung yang bukan hanya para lansia namun juga para pemuda.

Seperti dikatakan Sulastri (54) yang merupakan warga sekitar, taman ini selalu ramai dikunjungi terutama pada pagi hari.

“Iya, disini sering digunakan untuk senam pagi. Pesertanya para lansia yang kebanyakan warga sekitar taman ini,” ujarnya ketika sedang duduk bersantai, Selasa (1/3).

Bu Lastri, nama panggilannya, juga menambahkan bahwa bukan hanya lansia yang datang berkunjung namun juga para pemuda-pemudi.

“Selain lansia, ada juga beberapa anak muda yang berolahraga di sini. Biasanya waktu pagi dan sore hari. Ada juga yang datang hanya duduk dan bersantai,” imbuhnya.

Sementara itu, Nia, seorang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) yang ditemui secara terpisah menyatakan bahwa ia sering pergi ke taman untuk sekedar bersantai menikmati suasana dan melepas kepenatan.

“Aku sering kesini. Suasana disini cukup tenang dan sejuk. Dengan ditambah pepohonan rindang dan kursi taman, semakin memanjakan pengunjung terutama para lansia,” ujarnya.

Nia menambahkan fasilitas yang ada disini memang didesain untuk lansia, namun taman ini tetap menjadi favoritnya untuk bersantai.

“Di sini fasilitasnya memang untuk lansia dan kayaknya cukup aman dan nyaman untuk para lansia. Tapi karena suasananya tenang, aku juga senang ada di sini,” katanya.

Taman Lansia Sukarno-Hatta berada di pinggir kota, yang jauh dari kebisingan, minim polusi suara dan juga udara.

Taman dilengkapi lintasan refleksi, berupa batu-batu kecil yang ditata sedemikian rupa di lantai yang bisa untuk refleksi kaki dengan menginjak-injaknya.

Selain ditumbuhi pohon angsana yang rindang, taman juga dilengkapi paving blok untuk lintasan olahraga, tempat duduk, serta lampu penerangan untuk aktivitas di malam hari.