Matangkan RKPD 2023, Pemkot Pekalongan Gelar Forum Perangkat Daerah II

Kota Pekalongan - Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023, Pemerintah kota Pekalongan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah Tahap II terkait pembangunan infrastruktur kota Pekalongan, di ruang Jetayu, Kantor Sekretariat Daerah setempat, Rabu (2/3).

Plt Kepala Bappeda Kota Pekalongan Anita Heru Kusumorini menyampaikan, forum ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan RKPD 2023 yang sudah diawali dengan kegiatan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) dengan kecamatan dan kelurahan serta forum perangkat daerah tahap I, dengan melibatkan OPD terkait. Dalam forum perangkat daerah tahap II, perwakilan kepala OPD memaparkan rancangan renja dari masing-masing OPD yang disesuaikan dengan hasil musrenbang kecamatan.

“Jadi ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan RKPD 2023 yang sudah dimulai dari musrengbang kelurahan dan kecamatan dilanjutkan forum perangkat daerah tahap I, kemudian pada FPD tahap II ini para kepala OPD akan memaparkan rancangan renja dari OPD masing-masing yang sudah termasuk mewadahi hasil musrenbang kecamatan, disamping tentunya menyesuaikan dengan kebijakan pusat, kebijakan provinsi, dan kebijakan wali kota Pekalongan sesuai visi misi dan juga usulan dari organisasinya sendiri," terang Anita.

Anita menyebutkan, pelaksanaan forum ini dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan tupoksi masing-masing yakni tata kelola pemerintahan, infrastruktur yang kaitanya tentang masalah perkotaan baik banjir, rob, transportasi, penerangan jalan, penanganan kawasan kumuh , serta kesejahteraan rakyat termasuk kesehatan, pendidikan, sosial dan pengembangan ekonomi di Kota Pekalongan.

Anita menambahkan, usai tahapan ini, kegiatan akan dilanjutkan dengan melaksanakan musrenbang tingkat kota dengan mengundang stakeholder terkait dan mengikutsertakan pokok-pokok pikiran DPRD.

“Setelah musrenbang kota akan juga mengundang stakeholder terkait juga termasuk memasukkan pokok-pokok pikiran DPRD itu nantinya yang akan kita susun menjadi rencana kerja Pemkot Pekalongan tahun 2023, harapannya pertengahan tahun sudah selesai,” pungkasnya.