Peringati HUT, Satpol P3KP Kota Pekalongan Gelar Aksi Simpatik

Kota Pekalongan - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas serta ke-103 Damkar tahun 2022, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Satuan Polisi Pamong Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP) setempat menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menekankan pada aksi simpatik kepada masyarakat.

Plt Kasatpol P3KP Kota Pekalongan Agust Marhaendayana menjelaskan bahwa peringatan HUT tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda. Adapun tema pada tahun 2022 adalah Profesional dan Berintegritas Mewujudkan Penyelenggaraan Trantibum Untuk Indonesia Maju dan Sehat.

Dalam peringatan kali ini, sejumlah kegiatan yang lebih menekankan pada akai simpatik digelar dengan maksud jajaran Satpol P3KP berupaya menyatu, bersinergi dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat secara humanis diantaranya melalui kegiatan bakti sosial (baksos) ke Panti Asuhan, kegiatan pembagian paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan, operasi simpatik ke perempatan jalan untuk membagikan masker dan bunga kepada masyarakat.

"Dengan pelayanan dan bersinergi seperti ini, persepsi masyarakat terhadap Satpol P3KP akan berubah. Mengingat, Satpol P3KP ini sebagai bagian dari aparatur pemerintah yang mempunyai tugas untuk perlindungan dan ketentraman masyarakat, tidak hanya sekedar memiliki tugas untuk penegakkan aturan-aturan," tuturnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/3).

Agust menyebutkan, tidak hanya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, kegiatan HUT juga diisi dengan acara Satpol PP Goes to School untuk turut menyosialisasikan peran Satpol P3KP, memberikan masker kepada warga sekolah sekaligus mengecek penerapan protokol kesehatan (prokes) selama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tengah pandemi, kegiatan donor darah yang menyasar jajaran anggota Satpol P3KP Kota Pekalongan, TNI, Polri, dan OPD di lingkup Pemkot Pekalongan.

Acara puncak dilaksanakan pada Selasa (8/3) dengan digelar apel Peringatan HUT) ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas serta ke-103 Damkar Tahun 2022 yang dipimpin oleh Walikota Pekalongan. Pada apel tersebut nantinya juga sebagai bentuk apresiasi, diserahkan pula penghargaan bagi anggota-anggota yang berprestasi atas kinerjanya.

Sejak kemarin (1/3) juga telah diadakan lomba-lomba yang bersifat ketangkasan, kekompakan dan hiburan antar anggota Satpol P3KP Kota Pekalongan seperti lomba baris-berbaris beregu, lomba menangkap belut, lomba karambol, dan sebagainya. Selain itu,ada kegiatan pembinaan rutin bagi anggota-anggota Satpol P3KP berupa siraman rohani dan peningkatan kapasitas.

"Dalam HUT di tahun ini, kami ingin jajaran Satpol P3KP harus ada perubahan yang lebih baik ke depannya baik mengenai perannya yang tidak hanya sekedar memberikan penegakkan tetapi juga menjaga trantibum dan memberikan perlindungan masyarakat, sehingga pola jajaran kami lebih ke arah pembinaan masyarakat dan bisa lebih bekerjasama dengan masyarakat khususunya di masyarakat yang berada di lingkup kelurahan," tandasnya.