Pemkab Banjar Respons Cepat Penderita Tumor Asal Desa Antasan Senor Ilir

Martapura - Merebaknya berita yang viral terkait warga Desa Antasan Senor Ilir, Kecamatan Martapura Timur yang menderita tumor mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Banjar.

Dinas Sosial P3AP2KB Kabupaten Banjar melaksanakan kegiatan asessment yang bertujuan untuk memberikan respons cepat terhadap yang bersangkutan untuk dibantu meringankan beban keluarganya.

Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar bersama petugas Kementerian Sosial RI dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPPKS) dan Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM Budi Luhur), Rabu  (9/3)

Sejak enam bulan M. Latif, warga Desa Antasan Senor Ilir ini terbaring lemah akibat kondisi tumor yang dideritanya dibagian wajah. Tumor menutupi nyaris seluruh wajahnya, kondisi ini membuatnya sulit melihat atau sekedar berbicara. Penyakit tersebut membuat beliau kepayahan dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga dan pendidikan kedua anaknya yang masih bersekolah. Ditambah lagi mantan pegawai perusahaan alat berat itu sudah satu tahun tidak bekerja.

Fuad Mawardi kerabat yang bersangkutan, menuturkan saat ini Latif berada di ruang observasi di RS Ulin Banjarmasin karena kondisi yang sedang menurun, sehingga tidak dapat menerima kunjungan.

"Perlunya uluran tangan masyarakat dan Pemerintah Daerah untuk penyembuhan berupa biaya pengobatan, kebutuhan sehari-hari dan biaya sekolah anak-anak,” tambah Fuad.

Sementara itu, petugas Kementerian Sosial RI Wina dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPPKS) menjelaskan untuk meringankan beban beliau, disarankan agar pihak keluarga bisa mengupload dokumen di aplikasi Kitabisa.com dan terkait BPJS bisa saja dialihkan ke anggaran Pemerintah Daerah apabila BPJS beliau dari perusahaan sudah tidak ditanggung lagi.

Hadir pada kegiatan ini, Dinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar yang diwakili oleh Sri Armella Suryani selaku Kasi Data dan Informasi Sosial, Indri Anggraini Hapsari Kasi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Anak dan Lanjut Usia dan Anggi dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (BRSPDM Budi Luhur).