Kembalikan Anak Putus Sekolah, 25 Desa di Pemalang Ikuti "Njuh Sekolah Maning"

Pemalang - Setelah Desa Randudongkal, Sikayu, Sitemu, Karangasem dan Desa Jojogan, kini giliran 25 desa di lima kecamatan piloting Program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) tahun 2022 yakni Watukumpul, Belik, Moga, Bantarbolan dan Petarukan yang dalam waktu dekat akan mendapatkan program 'Njuh Sekolah Maning'.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pembangunan Manusia dan Masyarakat (PMM) Bappeda Kabupaten Pemalang Titien Soewastiningsih dalam Sosialisasi Njuh Sekolah Maning di Ruang Rapat Bappeda Pemalang. Kamis (10/3).

Dalam acara yang diikuti kepala desa dan camat terkait, serta PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di lima kecamatan tersebut, Titien mengatakan, setidaknya ada 25 desa yang akan mereplikasi atau menerapkan program Njuh Sekolah Maning pada tahun 2022.

“Saat ini kami baru melaksanakan sosialisasi program di 25 desa yang akan menjadi replikasi penanganan Pengentasan Anak Tidak Sekolah melalui Program Njuh Sekolah Maning, nantinya akan dilakukan pembentukan tim di desa-desa, ada pelatihan dan kegiatan lainya yang gunanya untuk mendata dan mengembalikan anak yang tidak sekolah tersebut,” katanya.

Di tempat yang sama, Person In Charge (PIC) Program Njuh Sekolah Maning Ikmaludin Azis menjelaskan, program Njuh Sekolah Maning ini menyasar Anak Tidak Sekolah (ATS) yang dikelompokan menjadi tiga kategori, yaitu belum pernah sekolah, lulus tidak lanjut dan putus sekolah.

“Anak-anak ini harus dikembalikan ke sekolah agar mereka mengenyam Pendidikan. Harapan kami stakeholder terkait dan juga pemerintah di semua tingkatan bekerja sama untuk hal ini,” harapnya.

Program Njuh Sekolah Maning yang di-launching pada 25 Januari lalu merupakan salah satu program untuk mengembalikan anak yang tidak sekolah untuk kembali bersekolah baik formal maupun non formal. Mekanismenya, pemerintah bersama dengan stakeholder terkait akan membentuk tim dengan langkah awal untuk mendata ATS. Ketika data sudah dikantongi tim, maka dilakukan kolaborasi bersama untuk mengembalikan ATS, sehingga ATS bisa melanjutkan sekolah.