Pemkot Tomohon Siapkan Infrastruktur Pariwisata Perkuat Ekonomi Daerah

Tomohon - Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) sedang mempersiapkan infrastruktur pariwisata untuk mengundang kedatangan wisatawan dan memperkuat perekonomian daerah.

"Kita harus mengantisipasi berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan di daerah ini, sehingga ketersediaan penginapan, kafe dan fasilitas penunjang lainnya akan semakin menambah kesiapan Kota Tomohon sebagai penyelenggara berbagai kegiatan nasional maupun internasional," kata ujar Wali Kota Caroll JA Senduk di Tomohon, Senin (14/3).

Pengembangan sektor pariwisata ini, menurut dia, juga harus dihadapi dan direspon dengan peningkatan kapasitas, mulai dari sumber daya manusia, masyarakat yang ramah, serta manajemen pengelolaan sektor ini.

Pengelolaan pariwisata ini, tambah Wali Kota, wajib mengedepankan cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan) dan environment sustainability (kelestarian lingkungan) serta pengelolaan infrastruktur, termasuk di dalamnya jasa penginapan dan kafe.

Ia pun mengharapkan kesiapan sumber daya penginapan dan kafe yang baik dan berkualitas senantiasa menjadi perhatian manajemen.

"Mudah-mudahan kehadiran salah satu destinasi wisata ini benar-benar dapat memperkokoh pilar ekonomi daerah di kota ini," katanya.

Caroll optimistis kehadiran tujuan wisata bisa memberikan kontribusi yang sangat bermakna untuk ikut menopang pengembangan pariwisata Sulut dan Kota Tomohon.

"Kami mengajak segenap pihak terkait untuk memparipurnakan kesiapan sektor kepariwisataan melalui peningkatan sinergitas kerja antarlini dan antarpemangku kepentingan menuju salah satu destinasi pariwisata yang berwawasan lingkungan dan kompetitif," katanya.

Wali Kota menegaskan sudah saatnya menjadikan industri pariwisata daerah sebagai masa depan bagi kemajuan pembangunan daerah.