Kota Pekalongan Bakal Jadi Tuan Rumah Popda se-Eks Karesidenan Pekalongan

Kota Pekalongan - Kota Pekalongan bakal menjadi tuan rumah gelaran Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat se-Eks Karesidenan Pekalongan Tahun 2022 yang rencananya akan dilaksanakan Mei mendatang. Saat ini persiapan yang dilakukan sudah mencapai 60 persen.

Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dinparbudpora) Kota Pekalongan, Teguh Waluyo SH saat dikonfirmasi melalui telepon, Selasa (15/3).

"Tahun 2022 akan diadakan Popda Se-Eks Karesidenan Pekalongan tepatnya 28-31 Mei (3 hari) dan Kota Pekalongan menjadi tuan rumahnya," terang Teguh.

Teguh menyampaikan bahwa sudah diadakan rapat koordinasi dengan kabupaten/kota se-Eks Karesidenan Pekalongan, tinggal ditunjuk panitia pelaksananya dan tentukan lokasi pertandingannya.

"Ada 10 cabang olahraga yang akan ditandingkan yakni bola volly, pencak silat, taekwond, dan sebagainya," tutur Teguh.

Teguh berharap Popda nantinya bisa berjalan sukses, saat ini persiapan sudah 60 persen tinggal pematangan.

"Tentu kami memiliki target di samping menjadi tuan rumah yang sukses kami juga ingin atlet dari Kota Pekalongan berprestasi, banyak yang memenangkan pertandingan sehingga bisa mewakili maju ke tingkat provinsi yang digelar tahun ini pula," jelas Teguh.

Menurut Teguh prestasi Kota Pekalongan tahun lalu belum maksimal, melihat saat itu masih kondisi pandemi COVID-19, banyak pertandingan yang dilakukan secara virtual.

"Kota Pekalongan berada di peringkat 26 dan ini harus dikerjar agar meningkat lagi," kata Teguh.

Pihak Teguh telah melakukan berbagai upaya yakni menggiatkan pelatihan dan pembinaan atlet-atlet Kota Pekalongan.

"Popda tingkat Kota Pekalongan tahun 2021 yang kami gelar November 2021 ini juga untuk persiapan menghadapi Popda tahun ini," pungkas Teguh