Pemkab dan Polres OKU Terus Bersinergi Tingkatkan Vaksinasi COVID-19

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Teddy Meilwansyah menghadiri Forum Group Discusion (FGD) dengan tema "Pentingnya Vaksinasi Bagi Masyarakat untuk Meningkatkan Imunitas" oleh Mahasiswa S1 Ilmu Kepolisian Angkatan (PTIK) Ke-79/WTP 2021/2022 di Ruang Bina Praja Pemkab OKU, Selasa (15/3).

"Mudah-mudahan dengan kehadiran mahasiswa PTIK ini akan membawa manfaat penting untuk mendukung daerah kami sebagai salah satu wilayah zona integritas hukum dan khususnya dalam rangka pembinaan hukum serta kamtibnas.

Teddy menambahkan, adapun sinegritas Pemkab OKU dengan Polres OKU antara lain yaitu, hibah lahan untuk pembangunan dan pengembangan Mapolres OKU, bantuan kendaran operasional Kapolres, kegiatan bersama penanganan COVID-19, keterpaduan tugas Satgas Karhutla, dana hibah daerah rekruitmen calon bintara Polri, kerja sama dalam penyelenggaraan millenial safety road festival tahun 2019, membentuk satgas terpadu melalui posko pemantauan dan pengamanan perayaan hari idul fitri, hari raya natal dan peringatan tahun baru, satgas pengamanan pada agenda-agenda penting pemerintah di daerah.

Sementara itu, Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo menyampaikan, berkaitan dengan tema yang diangkat tentunya banyak hambatan dan tantangan yang dialami pada saat implementasi.

"Dalam hal ini Polres OKU bersinergi bersama Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan melakukan Komunikasi bersama lintas agama yang ada di Kabupaten OKU. Dari hasil komunikasi tersebut adapun upaya yang telah dilakukan antara lain yaitu melaksanakan vaksinasi dengan metode jemput bola dan  melaksanakan Gebyar Vaksinasi," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, pada akhir tahun 2021 Polres OKU terkait vaksinasi telah mencapai angka 90 persen, dimana angka tersebut telah sesuai dengan harapan kapolda dan gubernur Sumsel.

Terkait vaksinasi ketiga atau booster, jelas kapolres, esuai data terakhir untuk saat ini baru mencapai 3 persen.

"Tentunya capaian ini merupakan tantangan bersama bagi kita semua untuk meyakinkan masyarakat agar aktif dalam melaksanakan vaksinasi booster," tegasnya.

"Dalam upaya meningkatkan capaian angka vaksinasi dosis III Polres OKU menyelenggarakan gebyar vaksinasi berhadiah motor dan hadiah menarik lainnya, hal ini bertujuan agar dapat menarik minat masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi kembali baik dosis II maupun booster," tandasnya.