Plh Bupati OKU dan Kepala Balai Litbangkes Baturaja Bahas Progres Laboratorium Terpadu

Baturaja - Plh Bupati Ogan Komering Ulu (OKI) Teddy Meilwansyah menerima audiensi Kepala Balai Litbangkes Baturaja Yulian Taviv, dalam rangka menyampaikan, perkembangan pembangunan laboratorium terpadu Balai Litbangkes Baturaja kepada Plh Bupati OKU Teddy Meilwansyah.

Ia menjelaskan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan atau Badan Litbangkes adalah unsur pendukung di Kementerian Kesehatan yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menkes. Badan Litbangkes yang mempunyai tugas melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan.

Pada tahun 2000, jelasnya, Litbangkes telah menangani Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).Tahun 2018 semua penelitian bisa dilakukan tidak hanya penyakit keberpihakan tetapi juga menangani COVID-19.

Selain itu juga, Yulian melaporkan progres pembangunan laboratorium terpadu Litbangkes Baturaja tersebut disambut baik dan didukung penuh oleh Plh Bupati OKU. Ia menilai keberadaan gedung laboratorium terpadu sangat diharapkan oleh masyarakat Kabupaten OKU, terutama dalam mempermudah pemeriksaan COVID-19. Untuk itu, Plh Bupati OKU akan meninjau laboratorium terpadu yang akan menjadi kebanggaan Kabupaten OKU tersebut.

Yulian menjelaskan bahwa gedung asrama di Balai Litbangkes Baturaja dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang ada, asrama ini dapat dimanfaatkan untuk isolasi pasien terkonfirmasi COVID-19 di OKU.

Sementara itu, Plh Bupati OKU Teddy Meilwansyah, didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Andi Prapto sangat mengapresiasi keberadaan laboratorium terpadu ini. Ia berharap Balai Litbangkes Baturaja dapat segera mengoperasikan laboratorium tersebut sehingga dapat membantu penanganan kasus COVID-19 khususnya di Kabupaten OKU dan sekitarnya.