Pemkab Muara Enim Siapkan Langkah Nyata Turunkan Stunting

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim diwakili Asisten III Maryana bersama jajaran dan pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim mengikuti virtual sosialisasi Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting Indonesia (RAN PASTI) Regional 2 di Ruang Asisten III Pemkab Muara Enim, Selasa (15/3).

 

Acara digelar secara virtual oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dari Jakarta.

Maryana mengatakan, Pemkab Muara Enim siap mensukseskan RAN PASTI dari tingkat kecamatan hingga desa dengan melibatkan semua stakeholder terkait dengan harapan angka kekerdilan (stunting) di Muara Enim turun menjadi 14 persen sesuai harapan dan apa yang ditargetkan Presiden Joko Widodo.

 

Sementara itu, keynote speech Agus Suprapto, selaku Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI mengatakan, jika tahun lalu RAN PASTI baru sebatas sosialisasi, tahun ini sesuai dengan Menteri PMK RI agar sudah terlihat aksi RAN PASTI dari tingkat kecamatan hingga desa, karena terbanyak angka stunting di pedesaan.

 

"Mulailah aktifkan Satuan Tugas (Satgas) dan gerakan Tenaga Pendamping Keluarga (TPK) yang berjumlah tiga orang yang akan membantu dalam kegiatan RAN PASTI ini," pintanya.

"Diharapkan pemerintah daerah untuk melakukan aksi nyata pada RAN PASTI. Segera tentukan sasaran dan indikatornya," pungkasnya.