Produk UMKM Pemalang Sekarang Tersedia di Indomaret

Pemalang - Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, sekarang sudah tak perlu bingung lagi karena produk-produk tersebut saat ini sudah tersedia di outlet Indomaret.

Adanya outlet produk UMKM Pemalang di Indomaret ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Diskoperindag dengan PT Indomarco Prismatama. Kemitraan tersebut sudah di mulai sejak akhir tahun 2021 dalam bentuk kurasi produk

Terkait hal itu, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengapresiasi dan menyambut baik kerjasama tersebut. Dirinya berharap kemitraan itu dapat meningkatkan kualitas dan daya saing UMKM di wilayah Kabupaten Pemalang sekaligus dapat melakukan pembinaan terhadap branding packaging, dan marketing, sehingga produk-produk UMKM setempat dapat dikenal oleh masyarakat dan kedepannya mampu bersaing di dunia industri.

Apresiasi tersebut disampaikanya saat me-launching kemitraan produk UMKM Kabupaten Pemalang dengan Indomaret (PT Indomarco Prismatama) dan penyerahan secara simbolis Serifikat Hak Atas Tanah Lintas Sektor Usaha Mikro dan Kecil Tahun 2022 di Indomaret Alun-Alun Pemalang pada Rabu (16/3).

Kepada para pelaku UMKM, bupati juga berpesan agar mereka tetap menjaga kualitas produk dan terus berinovasi serta meningkatkan skillnya dalam menghadapi persaingan global dalam iklim usaha yang kondusif.

Sementara itu, Manajemen Indomaret Cabang Cirebon Untung Waluyo mengatakan, launching di tahun ini adalah acara yang ketiga karena Indomaret di seluruh Indonesia ada sebanyak 31 DC atau cabang.

Untung menjelaskan, dengan adanya kerjasama tersebut pihaknya bisa memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk bisa maju dan berkembang bersama indomaret.

Dirinya menuturkan, ada beberapa kesempatan bagi UMKM yang produksinya memang sudah bagus dan butuh tempat untuk memasarkan, Indomaret adalah tempat yang tepat. Untung berharap dari sekitar 15 produk UMKM Kabupaten Pemalang yang sudah masuk atau lolos seleksi, bisa diterima oleh konsumen Indomaret, sehingga produk-produk tersebut bisa terus maju berkembang.

Selanjutnya, Untung menyampaikan bahwa ada lima program kemitraan indomaret yang berkaitan dengan UMKM. diantaranya adalah sewa teras.

"Untuk sewa teras bisa menghubungi atau mengajukan ke toko-toko terdekat. Program lainnya program promosi untuk pelaku UMKM yang akan mencoba menjual hasil produknya di Indomaret," jelasnya.

Untung mencontohkan, UMKM yang akan sewa outlet di Indomaret selama 2 bulan bisa mendapatkan gratis 1 bulan untuk menjual produknya. Jika produk laku bisa dilanjut.

Dirinya berharap produk UMKM tersebut kedepanya dapat semakin bagus dan bisa diterima oleh konsumen.