Tangkal Radikalisme, Pemkab Pemalang Bersama BNPT Gelar Dialog Kebangsaan

Pemalang - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Pemerintah Kabupaten Pemalang menggelar Silaturahmi dan Dialog Wawasan Kebangsaan di Pendopo Kabupaten setempat, Selasa (15/3).

Kegiatan yang digelar untuk menangkal paham radikalisme dan terorisme di Kabupaten Pemalang tersebut turut menghadirkan narasumber Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisme BNPT, Mayjwn TNI Nisan Setiadi dan Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol. R. Ahmad Nurwakhid.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen BNPT bersama pemangku kepentingan daerah dalam rangka menangkal perkembangan radikalisme dan terorisme.

"Paham radikalisme dan terorisme jika dibiarkan akan terus berkembang, akibatnya kondusifitas keamanan dan ketertiban menjadi terganggu, sehingga berbagai upaya perlu kita lakukan agar paham-paham sesat tersebut tidak merebak dan merongrong kedaulatan NKRI," ujar Agung.

"Karena berkaitan paham dan prinsip seseorang, maka perlu pendekatan yang humanis, perlu kesabaran, ketelitian dan kecermatan dalam mengatasi persoalan ini, sedikit saja salah dapat menjadikan situasi tidak kondusif," lanjut Agung.

Kemudian, Mayjen TNI Nisan Setiadi, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang yang telah menerima dan memfasilitasi pertemuan ini dalam rangka silaturahmi dan dialog kebangsaan.

Nisan Setiadi menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara dari BNPT untuk membangun menjadi koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak terutama pemerintah daerah dalam memperkuat wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional.