Maulana Yusuf Terpilih Ketua FORKI Batang Secara Aklamasi

Batang - Perwakilan empat perguruan karate resmi, kembali menggelar Musyawarah cabang luar biasa (Muscablub) Federasi Olahraga Karate Indonesia (FORKI) di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Rabu (16/3).

Empat perguruan tersebut yakni Gojukai, Inkai, Lemkari, dan Gabdika. Mereka mendukung Maulana Yusup menjadi Ketua Umum FORKI Kabupaten Batang untuk periode 2022-2026.

Ketua Umum FORKI Jawa Tengah melalui Wakil Ketua Umum 2 Forki Jawa Tengah Bidang Organisasi, Hukum, dan Disiplin Adam Prabowo menjelaskan, kegiatan Muscablub diagendakan oleh FORKI Jawa Tengah dengan tiga panitia yang dibentuk SC, OC, dan tim penjaringan. Tim penjaringan ini yang nanti menerima pendaftaran Calon Ketua Umum karena Ketua Forki tidak bisa ditunjuk.

“Kebetulan di Kabupaten Batang hanya ada satu Calon Ketua Umum, yakni Ketua DPRD Kabupaten Batang Maulana Yusuf. Berhubung calon tunggal atau hanya satu, jadi bukan pemilihan tapi penetapan Calon Ketua Umum dan itu juga tidak langsung ditetapkan harus melalui mekanisme organisasi dengan meminta persetujuan perguruan yang berada di FORKI Kabupaten Batang,” jelasnya.

Muscablub ini digelar untuk memenuhi standar organisasi yang sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Muscablub kali ini merupakan langkah pembenahan FORKI Kabupaten Batang dalam organisasi untuk meraih banyak prestasi.

“Bahwa FORKI di Kabupaten ini merupakan pabriknya atlet, wasit dan pelatih. Kita hanya bisa memantau saja dari FORKI Jawa Tengah. Seandainya kabupaten tidak bisa berproduksi FORKI Jawa Tengah tidak akan mempunyai atlet. Makanya kita dorong yang di daerah agar berprestasi.

Bagaimana prestasi yang menjadi target kita yang akan dicapai makanya ini menjadi tantangan untuk FORKI Kabupaten Batang dengan ketua umum yang baru ditetapkan.

Supaya bisa berprestasi, lanjut dia, harus ada beberapa faktor salah satunya minat masyarakat kepada olahraga terutama karate, karena kedepan stok atlet akan banyak yang selanjutnya bagaimana pembinaannya FORKI Batang, anggaran, dan perguruannya.

“Tolak ukur yang bisa dilihat jika FORKI Batang berhasil meraih emas pada waktu dekat ini ada Pra-Porprov pada bulan September dan tahun depan pada bulan Agustus ada Porprov jika berhasil membawa juara disitu akan dikatakan berhasil,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum yang telah ditetapkan Maulana Yusuf mengatakan, bahwa dirinya siap menyerap aspirasi dari empat perguruan yang sah. Dia menyatakan siap mengemban amanah agar karate Kabupaten Batang semakin maju.

“Terima kasih atas mandat para perguruan kepada saya untuk mengemban amanah para karate menuju satukan tekad raihan prestasi,” tuturnya.

Banyak yang harus dibenahi didalam organisasi agar kita berprestasi, karena tidak pengurus saja yang diurus namun utamanya adalah mengurua atlet, wasit, juri, dan semua unsur yang di karate.

“Ayo bersama-sama pengurus FORKI Kabupaten Batang yang baru ini bisa membuat karate disini ditakuti kembali oleh daerah-daerah lain karena pada tahun 2000an kita mendominasi di tingkat provinsi dan nasional,” pungkasnya.