Pemkot Tomohon Harap Forum Perangkat Daerah Dorong Pembangunan Berkualitas

Tomohon - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakot Tomohon Enos A. A. Pontororing optimistis Forum Lintas Perangkat Daerah mendorong komitmen bersama para pemangku kebijakan mencapai pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

"Forum ini adalah lanjutan dari pelaksanaan musrenbang kelurahan, kecamatan yang telah dilaksanakan se-Kota Tomohon pada pekan sebelumnya," ujar Pontororing di Tomohon, Sulawesi Utara, Jumat (18/3).

Dia mengatakan, forum ini nantinya membahas rancangan Rencana kerja perangkat daerah (Renja PD) dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang RKPD di kecamatan sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan Renja PD, yang difasilitasi oleh perangkat daerah terkait.

Forum ini, menurut dia, merupakan ruang antarpelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja perangkat daerah dan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2023.

"Ini adalah amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional," katanya.

Dia menambahkan, forum perangkat daerah ini untuk menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD kabupaten/kota di kecamatan, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah provinsi/kabupaten/kota sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Selanjutnya, menyelaraskan program dan kegiatan antarperangkat daerah provinsi/kabupaten/kota dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Selain itu, menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah provinsi/kabupaten/kota.

"Diharapkan pelaksanaan forum perangkat daerah ini menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan untuk menetapkan program dan kegiatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya," ujarnya.