Warga Plakaran Pemalang Terdampak Kemiskinan Ekstrem Terima 10 RSLH

Pemalang - Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam pengentasan kemiskinan ekstrem. Salah satu upaya tersebut yakni dengan membiayai renovasi rumah bagi keluarga tidak mampu.

Pemkab Pemalang, pada Kamis (17/3), menyerahkan bantuan berupa renovasi 10 Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) kepada penerima warga terdampak kemiskinan ekstrem di Desa Plakaran, Kecamatan Moga.

Penyerahan secara simbolis tersebut dilakukan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo diwakili Kepala Diskoperidag Pemalang Hapi Priyanto, bersama Deputi GM Corporate Communication PT.Djarum Achmad Budiarto, disaksikan Arif Sambodo Kepala Disperindag Provinsi Jateng dan Camat Moga.

Diketahui, Program Penanggulangan Kemiskinan Esktrem (PKE) yang digagas Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada 2021, PT Djarum ambil bagian dalam program Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) dengan membiayai renovasi 10 rumah keluarga tidak mampu yang berada di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Kepala Disperindag Provinsi Jawa Tengah Muhammad Arif Sambodo menuturkan, Pemalang merupakan satu dari lima kabupaten prioritas pelaksanaan program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) di Jawa Tengah.

"Jumlah rakyat miskin yang ekstrim di Jawa Tengah ini kan cukup banyak dan tidak mungkin itu bisa ditanggung semuanya oleh dana pemerintah yaitu dana APBD provinsi, APBD Kabupaten Pemalang ataupun APBN. Sehingga potensi-potensi yang ada di Jawa Tengah kita undang yaitu beberapa perusahaan yang potensial yang bisa bantu salah satunya adalah Djarum," lanjutnya.

Sementara itu, Deputi GM Corporate Communications PT Djarum Achmad Budiharto mengatakan, keikutsertaan PT Djarum dalam menyukseskan program RSLH merupakan dukungan dan komitmen dari PT Djarum secara holding kepada program pemerintah yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan ekstrem.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Perundistrian dan Perdagangan Kabupaten Pemalang Hepi Priyanto menyambut positif langkah PT Djarum yang turut berpartisipasi dalam program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) dalam Rumah Sederhana Layak Huni (RSLH) di Pemalang.

“Kami berterima kasih atas partisipasi PT Djarum yang berkenan terlibat dalam program Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) khusunya melalui Rumah Sederhana Layak Huni ini. Kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku usaha merupakan energi positif yang sangat dibutuhkan agar seluruh upaya pengentasan kemiskinan dapat terakselerasi dengan baik,” tandas Hepi Priyanto.