BPKPAD Batang Sosialisasikan Pajak Melalui Podcast

Batang - Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Batang akan mendapatkan hadiah berupa sepeda motor, kulkas, sepeda gunung, televisi, kompor gas, dan barang elektronik lainnya. Hadiah tersebut dipersyaratkan bagi wajib pajak PBB yang telah lunas sejak 2013 hingga 2022.

Hal ini disampaikan oleh Kepala bidang Penagihan, Evaluasi dan Pelaporan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Batang Anisah usai mensosialisasikan Gebyar Sadar Pajak Kabupaten Batang Tahun 2022 melalui Podcast Bincang Batang di Diskominfo, Senin (21/3).

Ia menyampaikan, pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang sifatnya memaksa berdasarkan undang-undang, tanpa mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah untuk kemakmuran rakyat.

“Ada 11 Jenis Pajak Daerah yang dikelola oleh BPKPAD Kabupaten Batang antara lain Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Air Tanah, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB), Pajak Hotel, Pajak Penerangan Jalan, Pajak  Parkir dan Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB),” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, bagi warga yang gemar kuliner di Batang juga berkesempatan mendapatkan hadiah yang sama.

“Bagi yang suka kuliner di Batang bisa mendapatkan hadiah yang sama. Dengan catatan transaksinya senilai Rp50 ribu di 89 restoran yang sudah terpasang tapping box,” terangnya.

Ia berharap, dengan Gebyar Sadar Pajak Kabupaten Batang Tahun 2022 ada percepatan PAD awal tahun, karena biasanya PAD tinggi itu pada akhir tahun.

Berikut tata cara mendapatkan undian:  Wajib Pajak PBB yang telah melunasi pajak 2013-2022 otomatis akan mendapatkan 1 (satu) nomor undian per Nomor Objek Pajak (NOP) dan Wajib Pajak Resto/Cafe mengisi identitas dan mengunggah (mengupload) struk transaksi minimal Rp50.000,00 ke laman https://batangkab.go.id/gebyarpajak2022, akan diverifikasi dan mendapatkan satu nomor undian.