Plh Bupati OKU Pimpin Paparan Program BKPSDM dan Dinsos

Baturaja - Plh Bupati OKU Teddy Meilwansyah, didampingi Sekretaris Daerah Achmad Tarmizi memimpin paparan program dan kegiatan tahun anggaran 2022 oleh BKPSDM dan Dinas Sosial Kabupaten, di Ruang Bina Praja Pemkab OKU, Senin (21/3).

Dalam paparan program dan kegiatan tahun anggaran 2022, Kepala BKPSDM Kabupaten OKU Mirdaili menyampaikan bahwa kinerja yang telah dilakukan jajarannya diantaranya yaitu, kerja sama dengan Bank Mandiri Taspen dalam menangani pensiun pegawai, kerja sama JPT dengan Mabes Polri, dan penerimaan CPNS 2021 (113 CPNS telah terseleksi).

Selanjutnya, tambah Mirdaili, penghargaan yang telah diraih BKPSDM Kabupaten OKU diantaranya, dari KPK yaitu instansi dengan pengelolaan LHKPN terbaik 2020, dari BKN terkait dengan pelaksanaan seleksi CPNS dan instansi daerah terbaik ke-5 dalam pelayanan kepegawaian. Serta inovasi yang dilakukan antara lain, Laboratorium Computer Assisted Tes (CAT) pada tahun 2019, dan pelayanan kepegawaian berbasis Online (e-Mutasi, e-Pangkat, e-Survei, e-Buku Tamu, e-Infopeg, WA Legalisir). Serta rencana/inovasi kedepan yaitu, e-Surat Masuk/Surat Keluar, e-Konseling, dan Papan Informasi Elektronik.

Sedangkan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKU Syaiful Kamal menyampaikan adapun progaram TA 2022 Dinsos diantaranya, program penunjang urusan pemerintah daerah Kabupaten/Kota, program pemberdayaan sosial, program rehabilitasi sosial, program perlindungan dan jaminan sosial, program penanganan bencana, dan program pengelolaan taman makam pahlawan.

Selanjutnya, tambah Syaiful, ada 5 inovasi pemecahan masalah sosial di Kabupaten OKU diantaranya, inovasi yang sedang berjalan (Gema Daya Pentas OKU, Munggah si Punggawa Antar Raja, dan Sarjana Harapanku) serta rencana inovasi (Ruko Kredibel dan 1 Desa 1 Puskesos).

Sementara itu, Plh Bupati OKU Teddy Meilwansyah memuji kinerja BKPSDM dan melihat secara langsung ada peningkatan yang luar biasa di BKPSDM Kabupaten OKU sejak kepemimpinan Mirdaili, terutama di Kantor BKPSDM sendiri sudah mempunyai fasilitas seperti loket, mungkin salah satu OPD yang pertama kali menerapkan sistem loket di Kabupaten OKU ini yaitu dari BKPSDM.

Untuk aplikasi yang telah dibuat oleh BKPSDM, Teddy Meilwansyah berharap dan memberikan saran agar dapat diintegrasikan dengan OPD lain di Kabupaten OKU.

"Dan mungkin aplikasi ini juga bukan hanya bisa dimanfaatkan oleh BKPSDM saja, namun juga seluruh ASN yang ada di Kabupaten OKU dan ini juga merupakan salah satu inovasi," pintanya.

Selanjutnya menanggapi yang disampaikan Kadis Sosial Kabupaten OKU dalam Paparan Program dan Kegiatan Tahun Anggaran 2022 ini, Teddy Meilwansyah mengapresiasi inovasi yang telah dibuat oleh Dinas Sosial Kabupaten OKU.

"Salah satu inovasi dari Dinas Sosial yang meraih Top 45 KIPP Tahun 2020 dengan inovasi Gema Daya Pentas OKU yaitu gerakan bersama pemberdayaan penyandang disabilitas di Kabupaten OKU telah mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat," ujarnya.

Selanjutnya Teddy Meilwansyah menyampaikan bahwa program dan kegiatan yang dibuat oleh Dinas Sosial untuk berkolaborasi dengan Dinas terkait yang ada di Kabupaten OKU agar diharapkan dapat lebih terukur, terarah, dan maksimal dalam melaksanakan program dan kegiatan tahun anggaran 2022.