Pemkab Muara Enim Gelar Pelatihan SAR Water Rescue 2022

Muara Enim - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Emran Tabrani membuka Pelatihan Potensi Search And Rescue (SAR) Water Rescue Tahun 2022, di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda, Selasa (22/3).

Dalam sambutannya, Emran mengatakan, cukup banyak korban tenggelam ataupun meninggal dunia yang disebabkan akivitas di perairan, disamping itu jumlah korban akibat banjir dan tanah longsor juga jumlahnya signifikan. Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Muara Enim dengan topografi  yang di kelilingi oleh bukit dan perairan meliputi sungai serta rawa yang tentunya memiliki potensi besar untuk memakan korban akibat bencana alam atau kecelakaan saat melakukan aktivitas di perairan.

"Berdasarkan hal itu, maka perlu disosialisasikan Keselamatan Pelaksanaan Pelatihan Teknis Potensi Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue), pelatihan ini merupakan kesempatan bagi para peserta untuk memiliki wawasan tentang potensi-potensi bahaya yang mengancam kehidupan di sekeliling kita dan mampu memberikan imbauan kepada sesama, ataupun masyarakat di desa masing-masing," ujar Emran.

"Ikuti semua petunjuk pelatih atau instruktur dengan baik selama pelatihan teknis potensi berlangsung. Kedua, Perhatikan dengan baik semua pelajaran baik teori maupun praktek di lapangan sehingga dapat diserap menjadi ilmu dan keterampilan untuk bekal dalam pelaksanaan tugas yang akan datang. Ketiga, jaga keselamatan selama mengikuti pelatihan terutama keselamatan dalam melaksanakan praktek aplikasi di lapangan," pesan Emran kepada 50 orang peserta Pelatihan Potensi SAR Water Rescue.