Konjen Australia Kunjungi Pemkot Ambon, Ini yang Dibahas

Ambon – Konsulat Jenderal Australia yang berkedudukan di Makassar, Bronwyn Robbins, Selasa (22/3) melaksanakan kunjungan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon. Robbins dan rombongan dalam kunjungan tersebut diterima oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Syarif Hadler di ruang kerjanya didampingi pimpinan OPD terkait.

Dijelaskan Robbins, pihaknya bekerja untuk memperkuat kemitraan Australia dengan sebelas provinsi di Indonesia bagian timur, termasuk Maluku, dalam bidang perdagangan, hubungan antar masyarakat, dan pembangunan.

Kunjungan tersebut, kata dia, merupakan kunjungan resmi pertamanya ke Kota Ambon dan Provinsi Maluku sebagai Konsul Jenderal.

“Saya ingin bertemu untuk memperkenalkan diri dan mempelajari lebih lanjut tentang prioritas Pemkot Ambon, serta peluang untuk meningkatkan kerja sama Australia di Ambon,” ungkapnya.

“Pertemuan ini akan memungkinkan kita untuk mempererat kembali hubungan yang kuat antara Australia dan Ambon,” tambahnya.

Sementara itu, Wawali usai pertemuan mengatakan, menyambut baik kunjungan Konsul Jenderal Australia di Makassar ke Pemkot Ambon, mengingat Kota ini memiliki hubungan historis dengan Australia, khususnya dengan kota Darwin.

“Saya jelaskan bahwa Ambon punya hubungan erat dengan Australia, khususnya dengan Kota Darwin di bidang pendidikan dan kebudayaan. Kiranya kerjasama yang sudah terjalin baik dapat terus dilanjutkan,” ujar Wawali.

Dirinya mengatakan, di bidang pendidikan masih banyak peluang beasiswa pendidikan tinggi yang bsia dimanfaatkan oleh ASN maupun anak – anak Ambon, dengan berbagai prosedur yang harus dipenuhi.

“Salah satunya di bidang pendidikan, kita bisa lakukan pendekatan lebih lanjut dengan konjen dan perguruan tinggi setempat, untuk bisa dapatkan program beasiswa. Hal ini perlu, karena sumberdaya kita perlu ditingkatkan, baik ASN maupun anak - anak kita di Ambon,” terangnya.

Wawali menandaskan, selain membahas kerjasama di bidang pendidikan, dalam pertemuan dengan Konsul Jenderal Australia, juga dibahas penjajakan kerjasama di bidang pariwisata, investasi, dan perdagangan.

“Melihat potensi seluruh wilayah di Maluku, khususnya pemerintah dan masyarakat Kota Ambon, mereka melakukan penjajakan untuk kerjasama pada  bidang - bidang tersebut,” tandasnya.

Wawali berharap pertemuan ini tidak menjadi pertemuan yang terakhir karena akan ditindlanjuti dengan pertemuan – pertemuan berikut untuk membicarakan halhal teknis terkait -kerjasama dimaksud.