Ratusan Pohon Trembesi Ditanam di Sepanjang Jalan Menuju TPA Berahan Wedung Demak

Demak - Sebanyak 500 batang trembesi ditanam di sepanjang jalan menuju Tempat Pembuangan Sampah Akhir di Desa Bungo, Kecamatan Wedung. Penanaman dilakukan oleh Bupati Demak Esti'anah, Wakil Bupati Ali Makhsun dan Forkopimda, Selasa (22/3).

Penanaman pohon penghijauan di jalan sepanjang kurang lebih 43 km ini juga melibatkan bersama warga desa, komunitas Bank Sampah, Forum Demak Hijau. Lokasi tersebut dipilih karena pembuangan akhir sampah yang jauh dari lingkungan masyarakat ini masih terlihat gersang hanya ditumbuhi tanaman liar seperti ilalang.

Dalam sambutanya, Bupati Eisti'anah menyampaikan, dirinya sangat menyambut baik kegiatan penanaman pohon ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-519 Demak. Kegiatan ini selaras dengan program unggulan pemerintah kabupaten demak yakni meningkatkan kebersihan dan keindahan wilayah.

"Penanaman pohon yang berlokasi di TPA Berahan Kulon sudah tepat dan solutip untuk mereduksi polusi. Mendukung aspek keindahan lingkungan, mengurangi bau sampah, dan bermanfaat untuk konservasi air," jelas bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Agus Musyafa menyampaikan, penanaman di lokasi TPA ini sebanyak 500 pohon trembesi yang akan ditanam di sepanjang jalan menuju TPA kurang lebih 3,5 km. Sedangkan penyediaan bibit atau pohon trembesi ini oleh PT Puri Nusa Eka Persada yang mendukung penuh kegiatan penghijauan di wilayah Kabupaten Demak.

"Untuk lokasi penanaman sengaja dipilih di TPA ini, sebab lingkungan di TPA masih gersang belum ada pepohonan sehingga diharapkan dengan ditanamkan pohon trembesi lingkungan menjadi hijau dan lebih indah untuk dipandang," ungkap Agus Musyafa.