Pemkot Padang Sidempuan Gelar Musrenbang RKPD 2023

Padang Sidempuan - Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Tahun 2023 di Emeral Hall, Hotel Mega Permata Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Selasa (22/3).

Irsan Efendi Nasution, dalam arahannya menyampaikan penyelenggaraan Musrenbang ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

Irsan menambahkan, meski kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan, Ia berharap perhatian dan kesungguhan seluruh pemangku kepentingan untuk menyadari akan pentingnya tahapan musrenbang ini dalam sisitem perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Kota secara keseluruhan.

“Musrenbang tahun ini memiliki makna yang sangat penting, karena merupakan penjabaran tahun ke-5 atau tahun terakhir dari RPJMD Kota Padang Sidempuan Periode 2019-2023,” ucap Irsan.

Untuk itu, Irsan mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk membuka dan mencermati beberapa isu strategis dan permasalahan yang masih menjadi kendala dan tantangan di Kota Padang Sidempuan yang hal tersebut dijadikan dasar dalam penentuan program, kegiatan dan sub kegiatan.

Dalam kesempatan itu, Irsan mengingatkan kemampuan Pemkot Padang Sidempuan baik dari sisi manajerial, aspek sumber daya manusia, maupun kemampuan penganggaran sangat terbatas, sementara kegiatan pembangunan yang harus didanai menggunakan APBD jumlahnya sangat banyak. Oleh karena itu, ia meminta seluruh pemangku kepentingan untuk mencermati dan menentukan program kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan.