DKP Tindak Lanjuti Pertemuan PMI dengan Bupati Jayapura

Sentani - Pertemuan yang dilakukan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) bersama Bupati Jayapura pada Kamis (17/3) lalu, akan segera ditindaklanjuti oleh OPD-OPD terkait di lingkungan Pemkab Jayapura, salah satunya adalah Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

Hal ini terkuak ketika wartawan media online ini bersama rekan wartawan media lokal Papua lainnya menyambangi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura Rudi Afdiner Saragih, di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Kadis Rudi Saragih mengatakan, rencana kerjasama ini sejalan dengan visi misi Bupati Jayapura dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Bumi Kenambai Umbai.

"Ya benar sekali, di tahun ini dari Papua Muda Inspiratif telah datang ke Kabupaten Jayapura dan kepada kami di DKP sudah dari dua bulan lalu dalam rangka melakukan kerjasama. Di mana, Papua Muda Inspiratif yang dari kegiatan-kegiatannya itu juga didukung langsung oleh Presiden Joko Widodo," katanya.

Untuk tahun di Kabupaten Jayapura, kata Kadis Rudi Saragih, Papua Muda Inspiratif membantu peningkatan ekonomi masyarakat di Bumi Cendrawasih, dan khususnya di Kabupaten Jayapura yang pertama di Provinsi Papua yang diberikan kegiatan tersebut.

Selain itu, Rudi Saragih menambahkan, kerjasama dengan PMI ini di sektor perikanan di Kabupaten Jayapura itu akan difokuskan kepada budidaya perikanan. Baik itu, di Danau Sentani dan juga budidaya ikan di laut.

"Khusus kami itu di sektor kelautan dan perikanan itu sudah kita viralkan kegiatan-kegiatan yang akan dibantu oleh PMI itu di bidang budidaya yakni, ada pengembangan budidaya ikan Nila di danau berupa sarana prasarana, benih dan pakan secara komplit, kurang lebih sudah disepakati sekitar 43 unit. Kemudian, juga pembudidaya di laut akan dibantu," ujarnya.

"Kemarin dulu kita sudah berkunjung ke Kandate, untuk sosialisasikan kegiatan itu sebagai lokus yang kita tunjuk untuk lakukan budidaya ikan laut," imbuhnya.

Selanjutnya, Rudi Saragih menjelaskan, jika budidaya ikan laut di Kandate ini, nantinya akan menjadi lokus kerjasama dengan PMI sebagai sebuah lembaga pemberdayaan masyarakat di bawah arahan langsung Presiden Joko Widodo.

Kerjasama ini juga sekaligus dipersiapkan untuk mendukung kebutuhan konsumsi ikan, berkaitan dengan pelaksanaan Kongres AMAN ke-6 tahun 2022 yang akan dilaksanakan di wilayah adat Tabi pada Oktober mendatang. dimana, Kabupaten Jayapura menjadi salah satu lokasi pelaksanaan Kongres AMAN yang datang dari seluruh penjuru Nusantara.