Pemkab Pemalang Dukung Penuh Kegiatan Sektor Perikanan

Pemalang - Pemerintah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, mendukung penuh berbagai kegiatan yang membawa dampak positif bagi kemajuan sektor tersebut.

Hal itu disampaikan Bupati Pemalang, Mukti yang saat menghadiri Sosialisasi Penerapan Sistem Jaminan Mutu Hasil Perikanan untuk Peningkatan Ekspor dan Penyerahan Sertifikat Penanganan Ikan yang Baik (CPIB) bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan, Selasa (22/3).

Bupati mengatakan, meningkatnya kualitas produksi hasil laut terutama udang vaname yang ada di wilayah Pemalang, merupakan tujuan yang ingin diwujudkan oleh pemerintah daerah setempat.

Bupati mengatakan, dengan adanya dukungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, BKIPM, serta Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) melalui sosialisasi penerapan jaminan mutu guna peningkatan ekspor, menurut Bupati itu bukan sebuah hal yang sulit untuk diwujudkan.

Dilanjutkan Bupati Agung, Desa Nyamplungsari merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah pesisir dan untuk Kabupaten Pemalang secara keseluruhan memiliki panjang garis pantai +35 km dengan luas wilayah 111.530,5 Ha. Dengan potensi tersebut, Kabupaten Pemalang memiliki prospek untuk pengembangan kawasan budidaya perikanan terutama dalam pengembangan budidaya udang vaname.

Dengan demikian, jelas bupati, ketersediaan lahan untuk investasi udang vaname tentu masih terbuka luas. secara umum hal itu menunjukan bahwa Kabupaten Pemalang masih cukup menjanjikan dalam usaha produksi perikanan. Selain itu tingkat konsumsi ikan di Wilayah Kabupaten Pemalang juga masih terbilang cukup.

"Karenanya itu diperlukan sebuah sistem jaminan mutu dan keamanan pangan. artinya, upaya pencegahan dan pengendalian harus diperhatikan dan dilakukan sejak dari praproduksi sampai dengan pendistribusian untuk menghasilkan perikanan yang bermutu dan aman bagi kesehatan," ujarnya.

"Dalam penerapan sistem jaminan mutu tersebut, sangat diperlukan konsistensi dan komitmen Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pemalang untuk melakukan pembinaan dan monitoring kepada pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Pemalang," lanjut bupati.

Dengan adanya kerjasama dan sinergitas dari semua pihak yang terkait dalam menerapkan sistem jaminan mutu dan keamanan pangan, hal itu diharapkan bupati akan dapat terus dilaksanakan demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Sementara terkait penyerahan Sertifikat Penanganan Ikan yang baik (CPIB) untuk UMKM dan Kelompok Pengolah dan Pemasaran Hasil Perikanan, bupati mengatakan bahwa sertifikat tersebut juga bernilai guna, sebagai modal berkompetisi kedepan, khususnya di bidang budidaya perikanan.

Sementara itu, Ketua umum Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Kris Budiharjo mengatakan, kegiatan sosialisasi dilaksanakan untuk mensukseskan pembuatan platform marketplace desakami.com dengan kesetaran petambak besar maupun UMKM.