100 Peserta Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tahap II Kota Ambon

Ambon - Sebanyak 100 siswa SMA/SMK mengikuti seleksi tahap II calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Ambon. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon Agus Ririmasse di Balai Kota, Rabu (23/3).

Dalam sambutannya, sekot mengatakan, semua peserta yang mengkuti seleksi harus berbangga karena merupakan duta yang terbaik dari sekolah masing-masing.

 

“Berbangga bukan berarti sombong, tetapi bangga karena dari sekian banyak siswa, yang terpilih di tingkat sekolah dan dibawa ke tingkat kota,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, seleksi calon Paskibraka ini akan dilaksanakan selama dua hari untuk menjaring 42 siswa sebagai wakil Kota Ambon.

“Tugas kalian memberikan yang terbaik sehingga tim Seleksi bisa mengambil keputusan atau memilih berdasarkan kemampuan kalian sendiri,” lanjutnya.

Menurut sekot, sebagai Paskibraka memiliki kebanggaan yaitu untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada tanggal 17 Agustus mendatang. Namun, yang terpenting adalah terbentuknya wawasan kebangsaan, terbangun integritas, disiplin, serta moralitas.

“Tidak sedikit yang purna paskibraka melanjutkan kejenjang pendidikan kedinasan karena sudah memiliki modal yaitu kedisiplinan yang merupakan salah satu kunci kesuksesan,” terangnya.

Dirinya mengingatkan dalam seleksi tahap II, nantinya ada sekitar 58 siswa yang harus kembali ke sekolah, sedangkan 42 siswa yang lolos akan melanjutkan pelatihan calon paskibraka.

“Yang tidak lolos seleksi jangan putus asa lalu membuat berita hoax disekolah yang membuat heboh tentang Seleksi Paskibraka. Karena paskibra ini bukan satu-satunya masa depan kalian,” tegasnya.

Kepada panita, sekot berharap dapat melakukan seleksi secara objektif, sehingga nantinya mendapat calon Paskibraka yang terbaik.