Kembangkan Produksi Beras, Petani Pemalang Terapkan Program "On Farm"

Pemalang - Petani yang tergabung dalam PT Argo Pemalang Sejahtera Indonesia di bawah naungan PT. Delta Wibawa Bersama menandatangani MoU penyelenggaraan program "On Farm" di Kabupaten Pemalang dengan Kadin (Kamar Dagang Industri) Jakarta, Sabtu (26/3).

Launching program On Farm Padi dalam rangka kerjasama tersebut dilakukan di Dusun Penuntun RT 001 / RW 006 Banjarmulya, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengatakan bahwa agenda ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen bersama antara PT. Delta Wibawa Bersama yang menaungi PT. Agro Pemalang Sejahtera Indonesia dengan Kamar Dagang dan Industri Jakarta dalam rangka menyelenggarakan On Farm di Kabupaten Pemalang.

"Kegiatan kerjasama ini dapat memberikan dampak positif yang akan bermanfaat bagi pengembangan pertanian di Kabupaten Pemalang," katanya.

Sementara itu, Ketua Kadin Jakarta Diana Dewi mengatakan bahwa Pemilik dari PT. Pemalang Agro Sejahtera Indonesia adalah anggota Kadin yang berawal dari ngobrol hanya di kedai kopi sehingga semuanya bisa terkolaborasi dan temen-temen akhirnya membuat suatu konsepsi yang baik yang bisa dilihat saat ini.

Pihaknya berharap dari PT. Pemalang Agro Sejahtera Indonesia ini bisa melakukan penandatanganan kerjasama, karena PT. Agro juga melakukan perjanjian kerjasama dengan beberapa petani.

"Dan juga dengan adanya MOU ini harus memiliki nilai lebih seperti produksinya yaitu produksi yang dibuat," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Badan Pangan Nasional (BPN) Arif Prasetyo mengatakan, kegiatan ini contoh yang luar biasa, bagaimana sinergisitas antara temen -temen dari Kadin Jakarta yang notabennya adalah pengusaha sekaligus pedagang kemudian disini juga ada govermentnya, ada Pemerintah Daerah dan ada Badan Pangan Nasional.

"Ini sebanernya kolaborasi yang luar biasa, bahwa membentuk suatu ekosistem mulai dari persiapan lahannya kemudian benihnya juga sudah disiapkan benih yang baik," tambahnya.

Kegiatan ini juga diisi dengab penyerahan benih padi secara simbolis oleh Bupati Pemalang, Komisaris PT. DWB, Kadin Jakarta dan Kepala BPN kepada 5 perwakilan Petani dilanjutkan dengan melihat Visit Proses Produksi Beras Premium di PT. Agro Pemalang Sejahtera Indonesia.