Bupati Pemalang: Festival Desa Wisata Dorong Peningkatan Pariwisata

Pemalang - Salah satu kunci sukses untuk mewujudkan program unggulan Kabupaten Pemalang yaitu Dewi (Desa Wisata) adalah dengan menyelenggarakan Festival Desa Wisata.

Hal itu disampaikan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo saat membuka acara malam penganugerahan juara Festival Lomba Desa Wisata Kabupaten Pemalang Tahun 2022 di salah satu hotel Pemalang, Selasa (29/3).

Menurut bupati, festival tersebut dapat memotivasi para pengelola Desa Wisata dan mendorong peningkatan sektor pariwisata daerah, terutama terkait pengembangan potensi serta keunikan Desa Wisata di Pemalang.

Bupati Agung mengatakan, kunci sukses dalam mewujudkan tujuan tersebut adalah komitmen dan konsistensi dari para stakeholders dalam mengembangkan potensi serta melakukan promosi lewat berbagai event wisata, seperti festival Desa Wisata.

Bupati menyebutkan, Pemalang telah memiliki 27 Desa Wisata yang tersebar di berbagai wilayah, dengan potensi keunggulan dan keunikannya masing- masing yang salah satunya berada di kawasan Dewi Nadulang (Desa Wisata Nanas Madu Pemalang). Kawasan wisata ini memiliki keunggulan di sektor alam maupun perkebunan buahnya.

Dalam kesempatan itu bupati berharap seluruh Desa Wisata di Kabupaten Pemalang pada tahun depan bisa ikut berpartisipasi dalam event tersebut. Semakin banyak yang berpartisipasi, kata bupati, semakin meriah pula kegiatan Festival Desa Wisata sehingga perhatian masyarakat akan semakin tinggi. Dengan demikian, Desa Wisata di Kabupaten Pemalang dapat dikenal luas di kancah nasional maupun Internasional, sehingga mampu menarik minat wisatawan domestik maupun asing untuk berkunjung

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Pemalang Mualip melaporkan, selain sebagai bahan untuk evaluasi dan identifikasi potensi yang dimiliki oleh 27 Desa Wisata, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mewujudkan misi Kabupaten Pemalang yang AMAN (Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni). melalui program DEWI.

Terkait penyelenggaraan Lomba Desa Wisata, Mualip menyampaikan lomba tersebut diadakan untuk mengalaborasikan antara Pemerintah Daerah yang mengelola Desa Wisata dengan menyelenggarakan lomba desa wisata tahun 2022. Lomba tersebut dimaksudkan dapat menjadi wadah untuk mempromosikan dan membangkitkan kembali wisata di Kabupaten Pemalang di era pandemi COVID-19.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Mansur Hidayat didampingi Sekda Pemalang M. Arifin serta OPD terkait dan Kades Desa Wisata.