Pj Bupati Muara Enim Launching Jalan Desa Pagar Dewa - Desa Pagar Agung

Muara Enim - Pj Bupati Muara Enim Nasrun Umar melakukan launching Ruas Jalan Desa Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung - Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut (SDL) sepanjang 27,6 km dengan lebar 10 meter dalam Karya Bhakti TNI tahun 2021-2022.

Pj Bupati, dalam sambutannya menyampaikan, sebagaimana yang telah dilakukan pagi tadi saat meresmikan peningkatan ruas Jalan Simpang Aur - Desa Muara Harapan yang menghubungkan Lubai Ulu, bahwa Karya Bhakti TNI ini dimulai dan dibuka di tempat yang sama.

“Saat itu (26/8/2021), masih bersama Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari, yang kemudian karena mutasi dalam suatu organisasi dalam TNI khususnya di Kodim 0404 sedemikian cepatnya. Dan hari ini saya minta hadir Dandim 0404 yang baru yakni Letkol Arh. Rimba Anwar untuk hadir sekaligus perkenalan dengan masyarakat Desa Pagar Dewa, bahwa inilah Dandim 0404 Muara Enim yang baru,” ujar HNU, sapaan akrabnya mengawali sambutan

Untuk itu, lanjut HNU, sudah belasan tahun akses Jalan Pagar Dewa Kecamatan Tanjung Agung ke Jalan Desa Pagar Agung Kecamatan Semende Darat Laut(SDL) sudah ada, tapi belum dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat.

“Nah, dengan adanya Karya Bhakti TNI yang dilaksanakan tahun 2021 dengan dana Rp5 miliar. Alhamdulillah, yang tadinya dari Desa Pagar Dewa ke Desa Pagar Agung Kec.SDL harus melewati Simpang Meo kalau naik mobil (angkot, red), sekarang sudah bisa walaupun belum nyaman karena belum diaspal. Saya ingin nanti ini jalan semuanya mulus. Tadinya kalau kita lewat Muara Meo/Simpang Meo bisa 2 jam, sekarang cukup 30 menit. Dan tentunya ini membuka terisolirnya suatu daerah agar bisa mengeluarkan hasil-hasil produksinya atau SDA-nya keluar. Kalau nanti pendek jaraknya, maka produksi akan rendah, dan ketika kalau biaya produksi rendah tentu yang di untungkan adalah para masyarakatnya yang melakukan aktivitas ekonominya, menghasilkan kopi, dan pertanian lain sebagainya,”jelas HNU.

Oleh sebab itu HNU mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Komandan Kodim 0404 Muara Enim yang telah mampu menyelesaikan tugasnya dalam Karya Bhakti TNI, bersama-sama dengan dukungan dari Pemerintah Kab. Muara Enim sebesar Rp5 miliar.

"Nak dibagusi lagi dak jalan ini? Tanya HNU kepada perwakilan masyarakat Pagar Dewa yang hadir. Saya sudah menganggarkan Rp4 miliar di tahun ini untuk dapat mempervaiki lagi jalan ini setelah sudah dibuka. Dan nanti pada ABT atau di anggaran belanja tambahan/perubahan saya target kan/tambahkan minimal Rp10 miliar, ini ada dari Bappeda," tegas HNU lagi, yang langsung di sambut tepuk tangan dari warga Pagar Dewa yang hadir di acara tersebut.

Masih kata HNU, sebenarnya tahun ini ia sudah alokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar, tetapi karena kepala dinas PUPR ada skala yang lebih prioritas yang harus dikerjakan, sehingga harus dilakukan rasionalisasi jadi baru Rp.4 miliar dan nanti akan ditambah lagi di anggaran perubahan menjadi Rp10 miliar.