Stadion Manahan, Ikon Sekaligus Destinasi 'Sport Tourism' Kota Solo

Solo – Salah satu tempat olahraga yang menjadi ikon di Kota Solo adalah Stadion Manahan. Stadion yang memiliki fasilitas berstandar internasional ini dicanangkan akan menjadi salah satu destinasi sport tourism atau destinasi olahraga.

Dilansir Diskominfo Kota Surakarta, Senin 4/4), Stadion Manahan diresmikan pada tanggal 21 Februari 1998 oleh Presiden Soeharto. Stadion Manahan berada di tengah kota, yaitu di Jalan Adi Sucipto No.1, Manahan, Banjarsari, Surakarta.

Stadion ini memiliki sejarah panjang. Stadion ini dulunya merupakan lapangan yang digunakan untuk pacuan kuda Kadipaten Mangkunegaran.

Selain untuk menggelar event bertaraf nasional, Manahan juga merupakan stadion yang dipilih untuk menyelenggarakan event olahraga difabel bertaraf internasional terbesar di Asia Tenggara, ASEAN Para Games pada tahun 2011.

Stadion Manahan memiliki lokasi yang strategis karena letaknya berdekatan dengan Stasiun Purwosari, Terminal Tirtonadi, Bandara Adi Sumarmo, hotel berbintang hingga pusat perbelanjaan.

Stadion Manahan pun telah selesai direnovasi dan memiliki fasilitas yang lengkap. Area parkirnya mampu menampung 2.300 motor dan 300 mobil.

Stadion sepakbola juga telah berbenah menyesuaikan standar FIFA karena stadion tersebut juga termasuk venue yang akan digunakan di Piala Dunia U-20.

Kapasitas sudah menjadi 20 ribu penonton dengan dilengkapi kursi single seat. Lampu juga sudah capai 2.400 lux. Ruang ganti pun sudah dilengkapi fasilitas jacuzzi.

Selain stadion sepakbola, beragam venue olahraga lain juga tersedia. Fasilitas lain seperti lapangan tenis, bisbol, sirkuit motor, sirkuit sepeda, ruang billiard, dan lainnya mendukung bibit-bibit olahragawan Kota Solo untuk berkembang.

Stadion Manahan juga memiliki fasilitas taman lengkap dengan sarana fitness, jogging, dan arena basket yang bisa digunakan secara gratis.

Rencananya, Stadion Manahan akan menjadi home base klub sepakbola kebanggaan masyarakat Surakarta, Persis Solo.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjelaskan manajemen Persis Solo telah mengajukan permohonan sewa tiga lapangan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim depan.

"Kemarin sudah komunikasi masalah lapangan latihan dan lain-lain. Sudah pengajuan lapangan untuk latihan. Itu untuk Persis Youth, sekolah sepak bola, dan lain-lain," tandasnya.