Ambon Peringkat Tujuh Kota Paling Toleran di Indonesia

Jakarta - Kota Ambon menduduki peringkat tujuh Kota Paling Toleran di Indonesia tahun 2021 versi Setara Institute.

Penghargaan dari Setara Institute tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, didampingi Sekertaris Daerah Agus Ririmasse.

 

Direktur Setara institute Ismail Hasani, dalam sambutannya mengatakan, pemberian penghargaan tersebut juga bisa jadi referensi bagi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memberikan perhatian kepada para wali kota.

"Kemendagri bisa memberikan perhatian kepada para wali kota dan daerahnya yang telah bersungguh-sungguh, menjaga daerahnya untuk menampilkan diri sebagai miniatur Republik Indonesia," paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy usai menerima penghargaan mengatakan, toleransi saat ini di Indonesia merupakan barang 'mahal'. Oleh karena itu, isu dan fokus yang dilaksanakan Setara Institute merupakan investasi jangka panjang.

"Ini bukan saja untuk dimensi jangka pendek, akan tetapi juga untuk jangka panjang .Saya kira untuk hal ini, saya dan masyarakat Kota Ambon patut memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada Setara Institute karena telah memberikan penilaian objektif, independen bagi Ambon," tutup Walikota.

Untuk diketahui, 10 besar kota toleransi tersebut masing-masing adalah Kediri di urutan 10, 9. Surakarta, 8. Bekasi, 7. Ambon, 6. Magelang, 5. Tomohon, 4. Kupang, 3. Salatiga, 2. Manado, dan Singkawang di urutan pertama.