Wali Kota Ambon Pastikan Persiapan Pilkades Serentak Maksimal

Ambon – Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, memastikan mekanisme penyelenggaraan Pilkades serentak mulai dari persiapan hingga hari “H” pelaksanaannya pada 7 April mendatang telah berjalan dengan baik.

Panitia Pilkades serentak yang digelar pada 8 desa dan 1 satu negeri adat, baik di tingkat kota mapun tingkat desa, disebutnya, telah bekerja secara maksimal guna menyukseskan agenda politik tersebut.

 

“Seluruh mekanimse telah dimulai dari proses persiapan sampai dengan pemantapannya hari H tanggal 7. Panitia kota maupun panitia masing-masing desa sudah bekerja secara maksimal,” ujar Wali Kota usai Menggelar Rapat dengan Forkopimda dan Panitia pelaksana Pilkades serentak di Hotel Pasific, Selasa (5/4).

Wali Kota menjelaskan, rapat dilaksanakan bersama jajaran Forkopimda guna menyatukan tekad dalam suksesnya Pilkada serentak yang dilaksanakan diakhir masa jabatan memimpin kota ini. Menurutnya, dari hasil rapat koordinasi tersebut, seluruh unsur penyelenggara dan pendukung sudah siap dalam melaksanakan Pilkades serentak.

“Hari ini saya bersama-sama dengan Forkopimda, dalam rangka satukan tekad kita untuk sukseskan proses pilkades serentak yang akan dilaksanakan di 1 negeri dan 8 desa,  kalau saya ikuti betul seluruh suasana kebatinan yang ada ini, betul-betul mereka sudah siap,” kata Richard.

Kepada panitia penyelenggara, dirinya mengungkapkan bahwa Pilkades serentak sifatnya teknis dan merupakan bagian dari kompetisi untuk menentukan siapa yang nantinya memimpin desa/negeri.

“Tadi saya sudah katakan tidak boleh ada dusta diantara kita, semua kompetisi ini bermuara untuk  kepentingan masyarakat,” tegasnya.

Sedangkan bagi para penjabat kepala pemerintahan desa/negeri yang melaksanakan Pilkades, dirinya mengingatkan agar tidak boleh ada kepentingan subjekfitas pemerintah kota.

“Semuanya harus berlangsung secara demokratis dengan merekam seluruh aspirasi dari pada masyarakat,” tambahnya.

Wali Kota mengatakan, semua jajaran Forkopimnda dalam rapat koordinasi tersebut memberi dukungan atas penyelenggaraan Pilkades serentak sesuai dengan porsi masing – masing.

“Kapolresta  memberikan dukungan pengamanan, Dandim juga sama. Ibu Ketua DPRD juga mendukung secara politis lewat kerja keras Komisi I. Kepala Pengadilan Negeri juga tadi mengarahkan agar sebisa mungkin kita menghindari terjadinya sengketa,” pungkasnya.