Jelang Mudik, Kemenag Batang Gelar Vaksinasi Serentak

Batang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dosis 1 hingga 3 atau booster, baik untuk warga setempat maupun calon pemudik, dengan menggelar Gerakan 1 Juta Vaksin Kemenag RI.

Kepala Kantor Kemenag Batang M. Aqsho mengatakan, kegiatan tersebut digelar serentak di seluruh Indonesia, sesuai arahan Menteri Agama RI, untuk menyongsong mudik lebaran 1443 Hijriah.

“Jawa Tengah ditargetkan sebanyak 36 ribu sasaran tervaksinasi, khusus di Batang ditargetkan 1.000 sasaran,” katanya, saat meninjau vaksinasi di halaman Masjid Agung Darul Mutaqin, Kabupaten Batang, Rabu (13/4).

Kegiatan ini digelar untuk jamaah Masjid Agung dan para santri di Pondok Pesantren Darussalam Desa Kemiri Barat sebanyak 600 santri.

Ia menegaskan, berdasarkan keputusan MUI, vaksinasi saat Ramadan diperbolehkan dan idak membatalkan puasa.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Batang sekaligus Takmir Masjid Agung Darul Mutaqin mengatakan, jumlah sasaran vaksinasi bagi jamaah masjid tidak ditargetkan, namun niatnya adalah melayani umat, agar tetap sehat dan terhindar dari COVID-19.

“Kami tidak menyediakan hadiah atau bingkisan bagi jamaah yang telah vaksinasi. Tapi jamaah sadar bahwa vaksinasi adalah amalan dunia, namun jika ikhlas insya Allah jadi amalan akhirat,” tandasnya.