Wali Kota Akui Kemajuan Tomohon Hasil Sinergitas Semua Pihak

Tomohon - Wali Kota, Caroll JA Senduk mengakui kemajuan Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) adalah hasil dari sinergitas para pihak di daerah tersebut.

"Patut kami akui bahwa kemajuan pembangunan di Kota Tomohon ini merupakan hasil sinergitas yang baik antara pemerintah, DPRD dan seluruh elemen masyarakat di kota ini," ujar Caroll, saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) di Tomohon, Rabu (20/4).

Dia menyebutkan keberhasilan pembangunan mencakup sarana-prasarana pertanian, jalan, air bersih, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, pembangunan sarana dan prasarana di kelurahan.

Menurut Caroll, fasilitasi investasi yang sinergis dan harmonis juga menjadi bukti bagaimana komitmen pemerintah Kota Tomohon meningkatkan percepatan pembangunan di berbagai sektor.

Pihaknya menambahkan, pencapaian ini juga terasa sempurna ketika pemerintah dan masyarakat mendapatkan penghargaan dalam pengelolaan keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2021 mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK Perwakilan Sulut selama beberapa tahun berturut-turut.

"Tentunya pencapaian berbagai keberhasilan ini adalah berkat usaha dan upaya dari kita semua sebagai pemangku kepentingan meningkatkan akselerasi pembangunan yang berkualitas serta berdampak positif bagi masyarakat Kota Tomohon," ujarnya.

LKPJ, kata Caroll, memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan disampaikan paling lambat tiga bulan sejak berakhirnya tahun anggaran. LKPJ ini dibahas bersama DPRD untuk rekomendasi perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

LKPJ juga adalah laporan yang disampaikan pemda kepada DPRD yang memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan menyangkut pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan selama satu tahun anggaran.