Pemkab Aceh Barat Gelar Penguatan Kemitraan Kampung KB Berkualitas

Meulaboh - Bupati Aceh Barat diwakili Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat Said Fauzi membuka acara Penguatan Kemitraan Kampung KB dalam rangka meningkatkan kualitas Kampung KB Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh DP3AKB Kabupaten Aceh Barat, di Aula DP3AKB setempat, Selasa (19/4).

Dalam sambutannya, Said Fauzi menyambut baik atas terselenggaranya Kegiatan Penguatan Kemitraan Kampung Keluarga Berkwalitas yang hari ini digelar di Kabupaten Aceh Barat, semoga kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik, serta memperoleh hasil sebagaimana yang diharapkan.

Dalam hal ini dirinya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada perwakilan BKKBN Provinsi Aceh bersama dengan DP3AKB Aceh Barat yang telah menginisiasi terlaksananya kegiatan ini sebagai langkah dan upaya kita bersama dalam mewujudkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat.

"Kita pahami bersama bahwa keluarga ideal merupakan perwujudan dari keluarga sejahtera, sakinah, mawaddah, warahmah serta saling berbagi kasih sayang dan bersilaturahmi baik antar sesama anggota keluarga maupun antara keluarga dengan keluarga lain dan masyarakat luas. Kondisi tersebut secara operasional dapat diindikasikan dari seberapa jauh setiap keluarga dapat menjalankan 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, fungsi sosial, fungsi budaya fungsi perlindungan fungsi reproduksi fungsi sosialisasi, fungsi pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DPA3KB Muliyani, mengatakan, Kampung Keluarga berkualitas menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan kegiatan prioritas Program Bangga Kencana secara utuh di lapangan. Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniatur pelaksanaan total program KKBPK secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dilingkungan BKKBN dan bersinergi dengan Kementria/Lembaga, mitra kerja, stekeholder instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah serta dilaksanakan ditingkatan Pemerintah terendah (sesuai persyaratan penentuan lokasi Kampung KB ) di seluruh kabupaten/kota. Tujuan kegiatan ini  untuk meningkatkan )onvergensi lintas sektor dalam membantu kualitas Kampung KB.

Hadir dalam acara tersebut para kepala dinas badan dan kantor, ketua PKK setempat, kepala perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, koordinator bidang Pengendalian Penduduk dan para peserta yg berjumlah 25 orang.