Polres Bersama Pemkab Batang Gelar Apel Operasi Ketupat Candi 2022

Batang - Polres dan Pemerintah Kaupaten Batang bersama Forkopimda menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H di Alun-Alun Batang, Jawa Tengah, Jumat (22/4).

Bupati Batang Wihaji mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini dalam rangka persiapan rangkaian menjelang Idul Fitri atau Lebaran.

"Ada amanah dari Pak Kapolri berkaitan dengan persiapan yang harus disiapkan dengan matang sinergitas antara Pemkab Batang, TNI, dan Polri. Terutama ada beberapa titik yang merupakan perhatian pemerintah yaitu pengamanan mudik Lebaran," jelasnya.

“Mudik Lebaran 2022 menjadi euforia yang selama dua tahun ini tidak mudik karena pandemi COVID-19, kemungkinan akan ada lonjakan drastis pemudik. Maka, kita semua memerlukan dukungan dari seluruh pihak agar pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini di Kabupaten Batang berjalan lancar,” sambungnya.

Melihat kondisi jarak tempuh pemudik dari Jakarta, Kabupaten Batang adalah menjadi titik lelah, untuk itu, jelasnya, perlu kesolidan petugas dan menjaga kesehatan betul bagi pemudik jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan.

“Saya instruksikan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang persiapkan betul puskesmasnya dan titik-titik pariwisata yang ada di Kabupaten Batang yang selama ini masyarakat tidak dibolehkan piknik pasti akan melonjak juga,” tegasnya.

Sementara, Kapolres Batang AKBP Irwan Susanto mengatakan, persiapan arus mudik tahun ini ada dua strategi yang kita lakukan sesuai intruksi Pak Kapolri, yakni one way atau satu arah dari Jakarta kilometer 47 sampai Gerbang Kalikangkung Semarang kilometer 414.

“Strategi kedua kita gunakan jalur pantura yang akan mempersiapkan arus rekayasa ketika ada kemacetan yang crowded. Kita sudah bekerja sama dengan Diskominfo Kabupaten Batang untuk mensosialisasikan informasi seputar mudik lebaran kepada masyarakat,” terangnya.

Saat ini, lanjut dia, dilakukan persiapan Pos Terpadu yang akan digunakan beberapa stakeholder, kemudian persiapan dua pos pengamanan di Rest Area 360 B dan Rest Area 379 A dengan fasilitas yang komplit dan didukung fasilitas kesehatan.

"Jalur mudik sendiri kita akan mengikuti arahan Kapolri yang kapan akan melakukan one way dari Jakarta dan jalur pantura kita persiapkan juga beberapa rest area untuk kenyamanan  bagi pemudik yang melintas di Kabupaten Batang," jelasnya.

“Personel yang akan diterjunkan dalam operasi ketupat candi 2022 ada 500 personel dari TNI dan Polri, Pemkab Batang, serta beberapa relawan masyarakat,” tandasnya.