Desa Penggarit Pemalang Kembangkan Ternak Kambing dan Edukasi Peternakan

Pemalang - Selain memiliki Benowo Park yang dilengkapi dengan beragam warna seni budaya didalamnya, saat ini Desa Penggarit, Kecamatan Taman, juga tengah membuat terobosan baru yaitu pengembangan ternak kambing dan wisata edukasi peternakan yang berlokasi di Dusun Karangsuci desa tersebut.

Menanggapi hal itu, Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo mengatakan hal tersebut yang menurutnya merupakan terobosan yang sangat luar biasa.

"ini terobosan yang sangat luar biasa tujuannya adalah untuk mengembangkan peternakan sekaligus untuk wisata edukasi," ungkapnya.

Ungkapan tersebut disampaikan Bupati Agung, ketika menghadiri Groundbreaking Ceremony pengembangan ternak kambing dan wisata edukasi peternakan di Desa Penggarit, pada Minggu (24/4),

Bupati mengatakan, selain perlu adanya perhatian bagi para peternak, dalam perkembangannya sistem peternakan seperti itu juga perlu dikenalkan kepada para generasi muda agar kedepan bisa lebih baik dan lebih maju lagi.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan terima kasih kepada Dirut PT Perusahaan Gas Negara Tbk yang telah memberikan bantuan kepada kelompok tani ternak di Desa Penggarit.

Sementara itu, Kades Penggarit Imam Wibowo mengatakan potensi masyarakat Dusun Karangsuci yang mayoritas peternak, saat ini memang sedang fokus pada pengembangan jenis kambing Jawarandu.

Potensi itu, kata Imam, kemudian dipadukan dengan potensi lain yakni hutan yang sangat luar biasa di area dusun tersebut sehingga bisa dimanfaatkan untuk kegiatan wisata outbound dan wisata edukasi. Menurut dia, area tersebut memakai lahan perhutani dan sudah kerja sama.

Semua peternak yang ada di Dusun Karangsuci, diharapkan Imam, kedepan sudah mulai menggunakan metode peternakan yang modern sekaligus mengemasnya menjadi destinasi wisata peternakan yang dapat memberikan edukasi bagi pengunjung.