Malam Selikuran, Tradisi Keraton Surakarta Sambut Lailatul Qadar

Solo - Malam selikuran merupakan tradisi unik yang digelar dalam rangka menyambut datangnya  Lailatul Qadar di Keraton Surakarta.

Bagi umat Islam, Lailatur Qadar adalah momen yang dinantikan saat berpuasa karena merupakan malam yang lebih mulia dari seribu bulan, yang dipercaya jatuh pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Dalam informasi Diskominfo Kota Surakarta, Senin (25/4), Malam Selikuran digelar pada 20 Ramadan atau malam 21 Ramadan setiap tahunnya yang menurut sejarah pada awalnya dikembangkan oleh Sultan Agung.

Namun, dalam perjalanannya sempat mengalami pasang surut. Di masa pemerintahan Pakubuwana IX, tradisi ini dihidupkan kembali dan mengalami puncaknya di masa Pakubuwana X.

Malam selikuran dilakukan dengan mengarak tumpeng yang diiringi lampu ting atau pelita dari Keraton Kasunanan menuju Masjid Agung Surakarta.

Lampu ting menjadi simbol dari obor yang dibawa para sahabat ketika menjemput Rasulullah SAW usai menerima wahyu di Jabal Nur.

Dalam tradisi malam selikuran, abdi dalem membawa nasi tumpeng yang berjumlah seribu. Jumlah tersebut melambangkan pahala setara seribu bulan.

Nasi tumpeng berisi nasi gurih yang dibentuk tumpeng kecil dan dilengkapi dengan kedelai hitam, rambak, mentimun, dan cabai hijau lalu dimasukkan ke dalam wadah dari besi dan kuningan.

Kemudian nasi tumpeng yang diarak-arak oleh para abdi dalem ini didoakan oleh pemuka agama. Selepas prosesi tersebut, rombongan menuju titik terakhir di Taman Sriwedari.

Hingga saat ini, tradisi malam selikuran masih dilakukan. Hanya saja rute kirabnya dipersingkat sampai Masjid Agung saja.