PMI Batang Siap Terjunkan Puluhan Relawan Hadapi Arus Mudik

Batang - Arus mudik Lebaran diprediksi bakal naik signifikan terjadi pada 28-30 April 2022. Untuk membantu kelancarannya, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang AKAN menerjunkan puluhan relawan dalam menghadapi arus mudik maupun arus balik. Puluhan relawan itu akan bertugas di tiga posko mudik masing-masing Alun-alun Batang, Kantor Dishub Batang, dan posko PMI Kecamatan Gringsing.

“Iya, kami terjunkan sebanyak 35 relawan yang saat mudik lebaran tahun ini,” kata Ketua PMI Kabupaten Batang Achmad Taufiq saat ditemui di halaman Kantor PMI, Kabupaten Batang, Selasa (26/4).

Taufiq menyebut, relawan yang bertugas di lapangan terlebih dahulu dilakukan refresh sejumlah skill. Diantaranya kemampuan pertolongan pertama pada kecelakaan, evakuasi dan lainnya.

“Kegiatan refresh materi sudah dilakukan, tujuannya agar para relawan lebih siap menghadapi tantangan di lapangan,” jelasnya.

Di samping itu, PMI Batang juga mengaktifkan markas 24 Jam. Di markas adapula relawan yang standby memback-up relawan lainnya di lapangan.

“Ada ambulans, obat-obatan dan kebutuhan lainnya yang kami siagakan selama 24 jam,” ungkapnya.

Ia menuturkan, keterlibatan PMI Batang dalam menghadapi arus mudik 2022 adalah bagian dari kontribusi membantu pemerintah melayani pemudik.

Selain itu, lanjut dia, ia berpesan kepada relawan pilihan yang bertugas di lapangan agar senantiasa bertugas dengan ikhlas dan profesional.

“Semoga jerih payah relawan menjadi ladang amal baik,” pungkasnya.