Kapolda Jateng Tinjau Pos Pengamanan Mudik di Alun-Alun Batang

Batang - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memantau Pos Pengamanan Lebaran 2022 di Alun-Alun Kabupaten Batang, Kamis (28/4).

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik di wilayah Jawa Tengah. Terutama jalur pantura, karena melihat kondisi ruas jalan yang sempit mulai dari Kota Pekalongan hingga Kabupaten Batang.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan, wilayah Kabupaten Batang ini merupakan titik lelah pemudik, apalagi pada pukul 17.00 WIB nanti akan ada pemberlakuan One Way atau satu arah dari Tol Pejagan hingga Tol Kalikangkung.

Kemudian, lanjut dia, kedua kita akan mengaktifkan kembali posko di jalan pantura untuk upaya penarikan arus baik dari Kendal, Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, Pemalang, sampai Brebes. Upaya ini untuk rekayasa arus hal itu tak lain agar nantinya tidak terjadi crowded atau ramai. Termasuk jalur selatan kita berlakukan sama.

“Imbauan untuk pemudik harus menyiapkan kendaraan, fisik, jaga kesehatan, dan tidak usah terburu-buru, karena kekuata mengemudi kita tidak lebih dari 3 jam saja. Kalau sudah 3 jam pengemudi harus mencari rest area terdekat untuk istirahat,” tegasnya.

Selain itu pihaknya juga sudah menyiapkan drone untuk memantau prioritas jalur mudik guna mengurai kemacetan.

“Kami siapkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik, dan kami pastikan bahwa jalur selatan-selatan ini jalur yang bagus untuk dilalui pemudik,” pungkasnya.