Peringati Hari Buruh, BPJAMSOSTEK Batang Bagikan Sembako dan JKM

Batang -  BPJAMSOSTEK menyerahkan 80 paket sembako secara simbolis kepada Serikat Pekerja, dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional Tahun 2022 di Pendopo, Kabupaten Batang, Kamis (28/4).

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Batang Anton Dhaneswara menyampaikan, dalam rangka memperingati Hari Buruh, BPJAMSOSTEK men-support atau mendukung program yang diadakan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Batang dalam bentuk pemberian bantuan sembako untuk pekerja.

“Yang kedua, kami juga menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada pekerja dari karyawan  PT Sumbertex Batang sebesar Rp42 juta kemudian Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar Rp28.698.800, Jaminan Pensiun Rp477.700 per bulan, beasiswa SMA/sederajat Rp3 juta per bulan, beasiswa SD/sederajat Rp1.500.000 per bulan diberikan oleh ahli waris, sehingga jumlah total adalah Rp75.676.500,” jelasnya.

Dijelaskannya, almarhum atau ahli waris memiliki putra yang masih sekolah di bangku Taman Kanak-kanak (TK), dalam Intruksi Presiden (Inpres) PP No 82 Tahun 2019 dimana ada kenaikan manfaat bagi putra-putri pekerja yang sudah menjadi peserta minimal tiga tahun dan meninggal dunia, mereka akan kita bantu beasiswa hingga kuliah nanti.

“Dari jenjang TK hingga SD mendapatkan Rp1.500.000 per tahunnya, SMP mendapatkan Rp2.000.000 per tahun, SMA mendapatkan Rp3.000.000 per tahun dan Perguruan Tinggi mendapatkan Rp12 juta per tahun. Dengan catatan beasiswa akan dibayarkan tiap tahun sesuai jenjang sekolah dengan dibuktikan sebagai pelajar/mahasiswa dari sekolah atau perguruan tinggi,” terangnya.

"Dengan itu maka harapan kami tentunya para tenaga kerja bias lebih sejahtera, menikmati kesejahteraan dalam arti BPJAMSOSTEK ingin melayani pekerja dengan sebaik-baiknya," sambungnya.

Ia juga berharap kepada semua perusahaan yang ada di Batang, segera melindungi karyawan dan karyawati untuk segera didaftarkan menjadi peserta BPJAMSOSTEK, sehingga apabila terjadi sesuatu mereka dilindungi oleh BPJAMSOSTEK.