Jelang Libur Lebaran, Pemkab Batang Tata Rest Area Tol Kayangan

Batang - Menjelang libur panjang Lebaran, Pemerintah Kabupaten Batang membenahi jalur wisata Tol Kayangan. Jalur Bawang-Dieng itu sebelumnya terlihat kumuh, kini lokasinya lebih tertata dan siap menyambut wisatawan.

“Kami inisiasi melalui usulan Ketua PKK Kabupaten Batang, Uni Kuslantasi Wihaji. Kira-kira bagaimana menciptakan tempat yang lebih layak, sehingga disawang yo penak. Ada lokasi yang terlokalisir,” kata Bupati Batang Wihaji, usai meresmikan penataan Rest Area di Tol Kayangan Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jumat (29/4).

Ide penataan berawal dari jalur Bawang-Dieng yang disiapkan sebagai jalur ekonomi antar desa sampai kabupaten dan berkembang menjadi kawasan wisata.

Setelah viral beberapa waktu lalu, masyarakat berinisiatif untuk membuat tempat berjualan sebagai rest area. Tapi dalam perjalanannya tempat tersebut kurang menarik dan kumuh. Sehingga mengurangi nilai keindahan alam yang terbentang di jalur tersebut.

“Hari ini kami coba dulu, nanti kalau bagus, menarik kami tambah lagi. Tapi mencari lokasi yang tidak sembarangan. Supaya ada space buat tempat foto dan pemandangan masih bisa terlihat,” ungkapnya.

Selanjutnya, masyarakat akan diedukasi. Agar tidak sembarangan dalam membangun warung di tepi jalan. Seperti diketahui, masyarakat setempat mayoritas berpenghasilan sebagai petani kentang. Adanya kawasan wisata bisa dijadikan untuk penghasilan tambahan.

Feeling saya, Learan tahun ini pasti lumayan banyak pengunjungnya. Apalagi masyarakat Kabupaten Batang yang merantau dua tahun tidak pulang. Bagi yang belum tahu wilayah sini pasti akan menarik,” pungkasnya.