Dinkes Batang Siap Layani Pemudik di Tujuh Titik

Batang – Menyambut kedatangan ribuan pemudik dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang melintas di Jalur Pantura maupun Tol Batang – Semarang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang bersiap memberikan pelayanan kesehatan di tujuh titik pos pelayanan dan pos pengamanan.

Terdapat tiga pos pelayanan yang dapat dimanfaatkan pemudik untuk mendapatkan layanan kesehatan yakni Pos Pelayanan Terpadu Alun-alun Batang, Rest Area 379 dan 360.  Empat lainnya tersebar di Exit Tol Kandeman, Kalibeluk, Pos Pelayanan Terpadu Dinas Perhubungan dan Pos Pengamanan Luwes.

Kepala Dinas Kesehatan Batang dr Didiet Wisnuhardanto mengatakan, perbedaan pos pelayanan dan pos pengaman terletak pada jenis pelayanannya.

“Di pos pelayanan pemudik akan mendapat pelayanan tes rapid antigen dan vaksinasi,” terangnya, saat dihubungi melalui WhattsApp, Sabtu (30/4).

Pihaknya menyiapkan vaksin sesuai dengan kebutuhan dan persediaan. Stok vaksin aman yakni 16.230 dosis.

Ia menegaskan, Dinas Kesehatan adalah pelaksana dalam pelayanan kesehatan kepada pemudik, karena semua kewenangan ada pada Polres dan Kodim Batang.

“Anggota kami mulai melayani pemudik selama 11 hari sejak 28 April. 150 tenaga kesehatan diterjunkan yang tersebar di pos pelayanan dan pos pengamanan,” pungkasnya.