Polres Batang Bersama Bupati Tinjau Arus Mudik

Batang - Polres Batang terus melakukan antisipasi agar tidak terjadi kepadatan kendaraan dalam menghadapi arus mudik Lebaran di Kabupaten Batang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Batang Wihaji saat mendampingi Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto melakukan peninjauan ruas jalan tol, dan jalan pantura pada arus mudik Lebaran.

“Malam ini saya bersama Kapolres Batang dan Forkopimda meninjau arus mudik tol yang kebetulan panjangnya 54 km wilayah batang dan jalur pantura,” kata Bupati Wihaji usai meninjau di Rest Area 379A Gringsing, Kabupaten Batang, Sabtu (30/4) malam.

Dijelaskannya, prediksi dari Pemerintah Pusat puncaknya tadi malam, Alhamdulillah di Kabupaten Batang sejak tadi malam lancar para pemudik yang melintas.

"Hal ini tidak membuat kita lengah, makanya tetap kita kontrol malam ini keberadaan arus lalu lintas yang berkaitan dengan arus mudik," ujarnya.

"Hasil dari peninjauan arus mudik bisa dilihat tadi dari gerbang Tol Kalibeluk dan setelah masuk kita cek kanan kiri ruas jalan keduanya lancar yang kebetulan tadi diberlakukan one way dari arah Jakarta,” lanjutnya.

Wihaji mengatakan, untuk jalan pantura Kabupaten Batang yang memang ada beberapa penerangan jalan yang gelap.

“Saya bersama kapolres dan dandim Batang bersinergi untuk menyiapkan tindakan yang bersifat darurat petugas kita akan turun langsung dan jika ada darurat yang terjadi bisa telepon 119 masyarakat yang melintas di Kabupaten Batang,” terangnya.

"Termasuk kemarin malam kejadian darurat di Rest Area 379 yang langsung kita tindaklanjuti dengan langsung diantar sampai ke tujuan," tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Batang AKBP M Irwan Susanto mengatakan, jajarannya bersama Forkopimda memastikan kesiapan petugasnya dan sarana prasarana yang dimana kolaborasi dengan Pemkab Batang dan Kodim 0736 Batang untuk memperlancar arus mudik.

“Saya melaporkan arus ada peningkatan sejak tanggal 27-30 April 2022. Namun kami meyakini bahwa arus dapat kami kelola dengan manajemen lalu lintas dengan komunikasi yang baik ke semua stakeholder,” tegasnya.

"Sampai hari ini tidak ada kejadian menonjol di Kabupaten Batang. Apalagi peristiwa kecelakaan lalu lintas selama arus mudik di Kabupaten Batang menurun," tambahnya.

Ia juga berharap para pemudik menjaga kesehatannya dan juga kendaraan.

"Jika memang kurang sehat sebaiknya jangan mudik dahulu kalau sudah terlanjur segera pencari posko yang sudah kita siapkan petugas kesehatan," tutupnya.