Antisipasi Kemacetan Arus Balik, Satlantas Batang Kembali Berlakukan One Way

Batang - Polres Batang segera memberlakukan sistem satu arah (one way), mengingat Jalan Tol Semarang – Batang yang mulai dipadati pemudik yang akan kembali ke ibu kota.

Kasatlantas Polres Batang AKP Dhayita Dhaneswari mengatakan, sistem one way akan diberlakukan mulai Jumat, 6 Mei pukul 14.00 WIB sampai waktu yang belum bisa ditentukan.

“Sebelum pemberlakuan one way, akan dilakukan sterilisasi di Jalan A. Yaitu arah Jakarta ke Semarang dengan mengalihkan arus keluar dari Exit Tol Kandeman dan Kalibeluk pada pukul 12.00 WIB,” katanya saat dihubungi melalui WhattsApp, Jumat (6/5).

Ia mengimbau para pemudik dari arah Semarang yang akan keluar dari Exit Tol Kandeman maupun Kalibeluk menuju Kota Batang diharap berada di jalur B.

“Kalau sudah di jalur A tidak ada akses menuju Exit Tol Kandeman maupun Kalibeluk,” tegasnya.

Para pengendara juga diharapkan tetap menjaga kestabilan kecepatan dalam berkendara. Apabila merasa lelah dapat beristirahat di rest area yang disiapkan.

“Ada dua rest area yakni 360 B dan 379 A. Di sana kami akan melakukan rekayasa lalulintas, yakni buka tutup rest area apabila sudah penuh dan tidak ada tempat parkir,” jelasnya.

Ia mengharapkan para pemudik dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan tidak terlalu lama ketika berada di kedua rest area tersebut, baik untuk beristirahat maupun mengisi bahan bakar.

AKP Dhayita menambahkan, sistem one way akan terus diberlakukan sampai batas waktu yang belum dapat ditentukan.

Bagi pemudik asal Batang yang akan menuju ibu kota dapat melalui Gerbang Tol Kalibeluk dan Kandeman. Sedangkan pengguna jalan dari arah Jakarta dapat menggunakan jalur arteri.

“Diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada 7 dan 8 Mei mendatang,” pungkasnya.