Warga Antusias Saksikan Sedekah Laut di Pantai Morodemak

Demak - Warga luar Kecamatan Bonang menghadiri tradisi Syawalan di Pantai Morodemak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (9/5).

Mereka datang bersama keluarga, teman maupun kerabat untuk wisata naik perahu di tengah laut dan menyaksikan pelarungan sedekah laut.

Tradisi sedekah laut yang digelar oleh tiga desa, yakni Margolinduk, Purworeko dan Morodemak pada perayaan Syawalan kali ini dihadiri Wakil Bupati Demak Ali Makhsun didampingi Camat Bonang Haris M. Ridwan dan unsur Forkopimcam.

Wakil Bupati Demak Ali Makhsun bersama rombongan menaiki perahu besar menuju ke tengah laut untuk melaksanakan selamatan dan doa sebagai ungkapan rasa syukur terutama warga yang berprofesi sebagai nelayan.

"Ini sebuah tradisi masyarakat yang swlalu dijaga dan terlebih tradisi itu berupa sedekah yang disertai doa kepada Allah SWT. Dimanapun tradisi sedekah dilakukan baik di laut maupun darat semoga membawa berkah dan berujung pada limpahan rezki. Amin," Kata Wabup Ali Makhsun.

Saat pelaksanaan sedekah di tengah laut, wakil bupati memotong tumpeng dan melarungkan ke tengah laut yang merupakan wujud dari simbol rasa syukur para nelayan atas hasil laut yang melimpah, serta agar terhindar dari hal buruk yang terjadi.