Upacara Harkitnas di Demak Dilaksanakan Secara Luring

Demak – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengeluarkan pedoman penyelenggaraan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 Tahun 2022 yang ditandatangani oleh Menkominfo Johnny Gerard Plate.

Dalam edaran yang dikutip Rabu (18/5) bahwa peringatan Harkitnas 2022 bertujuan untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong royong masyarakat sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, mempercepat pulihnya bangsa akibat pandemi COVID-19, sehingga tema yang diangkat dalam peringatan ini yaitu ‘Ayo Bangkit Bersama’.

Terkait peringatan Harkitnas 2022 pada 20 Mei, Kepala Diskominfo Kabupaten Demak Endah Cahyarini menyampaikan, upacara akan dilaksanakan secara luring. Adapun peserta yang hadir secara fisik jumlahnya sangat terbatas yang direncanakan akan dilaksanakan di halaman Sekretariat Daerah.

“Untuk tata upacara bendera nantinya ada pengibaran bendera merah putih, menyanyikan lagu kebangsaan dan mengheningkan cipta. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, untuk amanat irup membacakan naskah pidato Menteri Kominfo dan diakhiri dengan membaca doa,”jelas Endah Cahyarini saat ditemui di ruangannya.

Adapun untuk mensosialisasikan tema dalam peringatan ini kepada publik, Sub Kor Media Komunikasi Publik Rudyanto menyampaikan, Diskominfo Demak menyiapkan publikasi outdoor berupa spanduk dan banner yang akan dipublikasikan melalui media sosial dan website yang dimiliki oleh Pemkab Demak.

“Untuk mensosialisasikan tema ‘Ayo Bangkit Bersama’ dilakukan melalui media outdoor dan media online. Untuk outdoor seperti spanduk, kita pasang di tempat strategis dan lokasi upacara. Sedangkan banner disebar luaskan melalui media online dan medsos seperti Instagram, Facebook dan website,” tutupnya.