Maksimalkan Pelayanan Masyarakat, Pemkab Pemalang Gandeng LAN Launching Ratusan Labinov

Pemalang - Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo bersama Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara LAN RI Hartono didampingi Sekretaris Daerah M. Arifin, serta kepala OPD terkait melakukan launching program Labolatorium Inovasi (Labinov) Kabupaten Pemalang di Pendopo Kabupaten, Rabu (18/5).

Bupati Agung, dalam kegiatan tersebut mengaku sangat bangga dan mengapresiasi semua OPD yang telah membuat inovasi, dimana total kurang lebih ada 100 inovasi yang diresmikan secara bersamaan.

"Dari inovasi tersebut dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, kami yakin semua itu pasti berjalan dan dirasakan oleh masyarakat," harapnya.

Agung menyebutkan, salah satu program inovasi yang terbukti berhasil yaitu Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), mereka bisa memberikan pelayanan yang sangat baik ke masyarakat dengan menjangkau ke daerah - daerah desa pelosok, yang pastinya memudahkan dan membantu masyarakat.

"Pemalang punya visi AMAN (Adil, Makmur, Agamis dan Ngangeni). Visi ini tidak ada di daerah lain hanya ada di Pemalang," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Inovasi LAN RI Hartono mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung setiap inovasi yang dilakukan pemda untuk masyarakat. Dengan melihat potensi yang ada di setiap daerah, LAN akan mendorong munculnya sebuah inovasi yang pasti hasilnya untuk kesejahteraan masyarakat daerah itu sendiri.

"Jadi kami dorong sesuai dengan potensi daerah apakah itu dari sektor wisata, pertanian, kelautan, ataupun lainnya. Dengan begitu inovasi tersebut akan tepat sasaran dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Launching ditandai dengan penandatanganan secara simbolis perjanjian pelaksanaan inovasi antara Bupati Pemalang dengan Kepala Disdukcatpil, Camat Pemalang, Kepala Bagian Hukum, Kepala Pukesmas Rowosari, Kepala SMP Negeri 4 Pemalang dan Direktur PDAM Tirta Mulia.

Kegiatan ini diisi juga dengan penyerahan penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tingkat Kabupaten Pemalang Tahun 2021 dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik (EKPP) Tahun 2021 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI kepada para pemenang yakni juara 1. Disdukcapil dengan program "LABKD", juara 2. Bagian Hukum Setda Kabupaten Pemalang dengan program "Klinik Hukum Terpadu" dan juara 3. Puskesmas Kalimas program "MANA GIGIMU" (Meningkatkan Ajakan bagi Anak akan Gerakan Sikat Gigi Bersama Ibu).