BPJAMSOSTEK Batang Ciptakan "New Perisai" Lindungi Pekerja Non Formal

Batang - BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Batang melakukan evaluasi kinerja dan pembinaan Penggerak Jaminan Sosial Republik Indonesia atau disebut agen Perisai selama periode tahun 2022. Hal tersebut untuk memastikan seluruh pekerja baik sektor formal maupun informal terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Batang Anton Dhaneswara menyampaikan bahwa agen Perisai telah bertransformasi menjadi New Perisai.

“Agen Perisai BPJAMSOSTEK beralih nama menjadi New Perisai. Di dalam New Perisai, agen perisai hanya bisa akuisisi pekerja informal saja, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk Agen Perisai,” katanya saat ditemui di Rumah Makan Mbah Kung, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jumat (20/5).

Ia menjelaskan, potensi pekerja informal sangat banyak di Kabupaten Batang, mulai dari pedagang pasar, ojek online, paguyuban, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Bagi warga Batang yang ingin menjadi peserta BPJAMSOSTEK bisa mendaftarkan langsung lewat Agen Perisai di masing-masing Kecamatan. Di dalam New Perisai, agen Perisai hanya bisa akuisisi pekerja informal saja, hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk Agen Perisai,” jelasnya.

Potensi pekerja informal, lanjut dia, sangat banyak di Kabupaten Batang mulai dari pedagang pasar, ojek online, paguyuban, UMKM.

“Bagi warga Batang yang ingin menjadi peserta BPJAMSOSTEK bisa mendaftarkan langsung lewat Agen Perisai di masing-masing Kecamatan,” ungkapnya.

Ia berharap ke depan bisa berkomitmen untuk lebih meningkatkan pencapaian pada tahun ini, sehingga peran manfaat program BPJAMSOSTEK pada pekerja non formal agar manfaatnya dirasakan oleh seluruh masyarakat pekerja karena telah terdaftar.