Polban Gelar Kompetisi Pariwisata Indonesia, Diikuti 59 Perguruan Tinggi

Bandung - Politeknik Negeri Bandung (Polban) menggelar Kompetisi Pariwisata Indonesia (KPI) ke-12 secara hybrid pada 18-19 Mei 2022.

Ajang ini memperebutkan piala bergilir dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Sebanyak 59 perguruan tinggi (PT) mengikuti KPI kali ini dengan total 420 peserta nasional dan 5 peserta internasional. KPI ke-12 ini mengangkat tema 'Infinite Creativity of Cultural Collaboration' dengan tagline 'Unlock Your Creativity.

Ketua Penyelenggara KPI ke-12 Sania Septiyani, didampingi ketua dosen pembimbing Sherly Raka Siwi Putri Utomo, Senin (23/5), mengatakan Kompetisi Pariwisata Indonesia merupakan praktik mata kuliah Event Management yang terus dikembangkan untuk mencapai kompetensi mahasiswa.

"KPI ke-12 menerapkan konsep keberlanjutan (sustainable) dengan pemanfaatan teknologi yang menekankan pada penggunaan sumber daya yang efektif dan efisien. KPI ke-12 juga didukung oleh para pelaku UKM di sekitar Polban, penyedia jasa dan kontraktor event lokal sehingga dampak positifnya dapat dirasakan oleh masyarakat," pungkasnya.

Ada total 17 jenis kompetisi yang terbagi menjadi 9 kompetisi secara luring (offline) dan 8 kompetisi dilaksanakan secara daring (online). Dari 17 kompetisi yang diselanggarakan, 10 kompetisi merupakan kompetisi khusus pariwisata, yang hanya dapat diikuti oleh mahasiswa pariwisata pada jenjang D3-D4 dan S1, terdiri dari: (1) Debat, (2) Cerdas Cermat Pariwisata, (3) Tour Guide, (4) Tour Package, (5) Tourism Scientific Writing, (6) Speech, (7) Business Event Proposal, (8) Platting Dessert, (9) Making Bed for VIP Room dan (10) Virtual Tour. 

Sementara kompetisi umum terdiri dari tujuh kompetisi yang dapat diikuti oleh mahasiswa D3-D4 dan S1 dari berbagai jurusan adalah: (1) Fashion Show, (2) Creative Dance, (3) Vlog Competition, (4) Video Advertising, (5) Video Tiktok Competition, (6) Manual Brew dan (7) e-Poster. 

Adapun Juara Umum KPI ke-12 diraih Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Juara II Politeknik Pariwisata Bali dan Juara III Universitas Pendidikan Indonesia.

Sedangkan daftar pemenang lainnya, yakni Juara I kategori Lomba Debat dimenangkan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta, Cerdas Cermat dari Politeknik NHI Bandung, Tour Guiding dari Universitas Pendidikan Indonesia, Tour Package dari Politeknik Pariwisata Bali, Tourism Scientific Writing oleh Politeknik Pariwisata Bali, Speech dari Politeknik Negeri Bandung, Business Event Proposal oleh Universitas Pancasila, Platting Dessert dari Akademi Tataboga Bandung, Making Bed for VIP Room  dari Politeknik Pariwisata Lombok, Virtual Tour dari Politeknik Negeri Kupang, Fashion Show dari Politeknik Pariwisata Kupang, Creative Dance dari Politeknik Negeri Bandung, Vlog Competition dari Politeknik Samarinda, Video Advertising oleh Politeknik Pariwisata Medan, Manual Brew dari Universitas Andalas, dan e-Poster dari Institut IT&B Medan.